Tahapan Pilkades Mulai Disosialisasikan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Tahapan Pilkades Mulai Disosialisasikan

Suasana sosialisasi tahapan Pilkades. FOTO: La Inga/Kolaka Pos

Tirawuta, KoP–Demi lancarnya sesuai dengan tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa secara serentak yang akan di ikuti 83 Desa dari 12 Kecamatan se Kabupaten Kolaka Timur pada Desember ini, pihak BPMD Kabupaten Kolaka Timur langsung menggelar sosialisasi. Sosialisasi tersebut berlangsung di aula eks DPRD Kabupaten Kolaka Timur, Senin (26/9) di buka langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Kolaka Timur Andi Merya Nur.

Andi Merya Nur meminta, agar peserta sosialisasi memperhatikannya, sehingga pada saat pelaksanaanya nanti bisa berjalan seperti apa yang ada dalam tahapan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Mulai dari tahapan persiapan, pencalonan, pemungutan dan perhitungan suara, penetapan hasil, sampai dengan pelantikan.

“Saya harap tahapan Pilkades ini untuk kiranya dapat mensukseskannya, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Dalam pemilihan nanti, pasti ada yang akan lolos berkas dan tidak. Begitu juga dengan para kandidat sudah past ada yang akan mendapatkan suara terbayak, ada juga yang akan mendapatkan sedikit. Namun semuanya itu hanya sebuah proses demokrasi yang harus di hormati, serta dilaksanakan.

“Apapun hasil yang dihasilkan masing-masing calon nanti, diharapkan dapat menjunjung tinggi apa yang telah menjadi pilihan masyarakat itu sendiri, kepada siapapun yang akan terpilih nanti, dapat menjalankan fungsi dan tugasnya sesui dengan UU yang berlaku. Jadi, sosialisasi, saya kira sangat penting untuk diperhatikan untuk dilaksanakan saat proses Pilkades nantinya,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPMD Kabupaten Kolaka Timur Nurmini Ali menuturkan, sosialisasi kali ini merupakan tindak lanjut atas hasil pertemuan atau pembentukan panitia tingkat kabupaten dalam rangka pelaksanaan Pilkades nanti. Ia juga mengatakan, Pilkades serentak ini merupakan untuk pertama kalinya berlangsung sejak Kabupaten Kolaka Timur memisahkan diri dari Kabupaten Kolaka. “Pilkades kali ini akan di ikuti 83 Desa yang akan di gelar pada Desember mendatang,” ungkapnya.

Untuk itu katanya, semoga dengan sosialisasi kali ini dapat memiliki makna tersendiri untuk memudakan langkah atau berjalan dengan lancar proses Pilkades serentak nanti. Selain itu, bisa dijadikan wahana koordinasi guna memantapkan persepsi dalam hal tercapainya proses demokasi yang baik. Ia juga mengatakan, peserta sosialisasi kali ini di hadiri semua camat yang ada di Koltim. Begeitu juga dengan para perangkat desa yang akan melaksanakan Pilkades. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top