Pemkab Muna Bakal Bangun Universitas – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Pemkab Muna Bakal Bangun Universitas

Bupati Muna, LM Rusman Emba (kedua dari kir) bersama dengan Kapolres Muna AKBP Yudith S Hananta dan Dandim 1416 Muna Letkol ARH Hendra Gunawan saat mengikuti gerak jalan santai di seputaran arena dayung by pass Kota Raha. FOTO: Ahmad/Kolaka Pos

Raha, KoP–Guna mengembangakan sumber daya manusia di kabupaten Muna melalui dunia pendidikan, Bupati Muna LM. Rusman Emba mewacanakan pembentukan Universitas. Rencananya, Nahkoda Muna baru ini menggadang-gadang akan mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muna untuk bekerja sama dengan Pemkab dalam mewujudkan pembentukan Universitas di Bumi Sowite.

Menurut LM Rusman Emba, dengan dibuatnya Universitas, pembangunan Bumi Sowite itu dimasa yang akan datang akan sejajar dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Lantaran, lokasi geografis kabupaten Muna terletak di tengah daerah pemekaran daerah otonimi baru.

“Disini sudah ada STIP Muna. Jadi itu yang perlu kita bicarakan, bagaimana di Muna ini punya Universitas,” ujar Rusman di balai pertemuan arena dayung By Pass Raha usai melakukan gerak jalan santai beserta ribuan alumni SMAN 1 Raha Minggu (25/9) siang.

Rusman Emba menyadari animo warga Muna yang sangat tinggi dalam melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Dengan berlandas itulah, yang membuat semakin terpacu untuk dapat merealisasikan programnya tersebut. “Kita bisa lihat setiap tahunnya, ratusan anak-anak kita, keluar daerah untuk menempuh pendidikan. Ada yang ke Kendari, Jawa dan univesitas-univesitas yang ada di daerah luar sana. Jadi, kita akan mengajak STIP Muna. Sehingga Muna kedepan juga bisa menjadi tujuan pendidikan,” katanya

Untuk mewujudkan programnya itu, 01 Muna itu mengajak para alumni SMAN 1 Raha yang mempunyai kredibilitas di dunia pendidikan untuk dapat mengabdikan diri mereka di Bumi Sowite nantinya “Disini (temu alumni) ada profesor, doktor, dan jenderal. Kita akan meminta kepada mereka untuk dapat membantu mewujudkan pembangunan Muna dengan satu semangat pengabdian, agar Muna bisa berkembang,” tandasnya. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top