Pemkab Konkep Dukung Program TMMD – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Pemkab Konkep Dukung Program TMMD

Konkep, KoP–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan mendukung program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD). Pasalnya, kehadiran TMMD di Konkep membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan warga.
Bupati Konkep, H. Amrulah mengatakan, program TMMD yang dibuat TNI sangat membantu. Untuk itu, ia mendukung setiap program TMMD yang akan diterapkan di Konkep. “Kami memberikan apresiasi kepada TNI dan seluruh yang terlibat dalam TMMD. Sebab, kegiatan yang diterapkan di Konkep merupakan suatu kesyukuran oleh pemerintah dan khususnya masyarakat. Jadi marilah kita sama-sama mendukung daripada kegiatan TMMD ini. Dengan demikian Kegiatan tersebut akan berjalan sesuai harapan kita semua,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasrem 143/HO Letkon Kav Agus Waluyo, SIP, menuturkan, program TMMD merupakan kelanjutan dari program ABRI Masuk Desa yang dimulai sejak tahun 1980 dan dilaksanakan secara terpadu antara TNI, Departemen/Lembaga Non Departemen dan masyarakat. “Tujuan kegiatan TMMD adalah meningkatkan kesejahteraan
masyarakat, meningkatkan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara, bela negara dan disiplin nasional.

Lebih jauh Agus Waluyo menjelaskan, titik berat program TMMD adalah di desa miskin, terisolir dan terpencil, serta daerah kumuh perkotaan. Desa yang relatif terisolir perlu ditingkatkan sarana dan prasarananya. Peningkatan kapasitas pelabuhan rakyat di desa dengan membangun terminal penumpang dan pasar tradisional akan mensejahterakan masyarakat .”Dalam hal ini akses warga muda, baik fasilitas pelabuhan menjadi sarana pokok roda kehidupan warga dan masih banyak keuntungan lainnya,” katanya.

Sementara itu, Dandim 1417 Kendari, Letkol Kav Eko Hermawan Yuniarso, SIP, juga menjelaskan, Satgas TMMD ini tidak mencari musuh dan lawan, namun akan berbaur dan menyatu dengan masyarakat dalam rangka menyuseskan program ke 97. “Pada program TMMD ke 97 ini, secara umum kita punya dua target, yakni fisik dan non fisik. Terkait target fisiknya adalah pembangunan, seperti, pembangunan talud kanand dan kiri, pembangunan pelabuhan tunggu pelabuhan, serta pembuatan pasar yang beralokasi di desa Tumbu-tumbu Jaya. Semntara target non fisik memberikan penyuluhan KBKES, HIV/AIDS, dan masih banyak penyuluhan yang diberikan,” imbuhnya.

Oleh karena itu, kegiatan yang digelar di Kab. Konkep ini diharapkan, program ini dapat sukses, warga masyarakat lebih sejahtera, karena pada prinsipnya kegiatan TMMD ini dalam rangka mendukung pembangunan Kab. Konkep yg merupakan daerah baru hasil pemekaran wilayah sabagai salah satu langkah percepatan pembangunan. “Dengan demikian masyarakat setempat akan merasa senang dan bangga atas Kegiatan tersebut,” tuturnya.

Untuk diketahui, Tentata Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-97 tahun 2016 selasa (20/9) masuk Konawe Kepulauan (Konkep). Kegiatan itu dibuka dengan melakukan upacara pembukaan dilapangan TPI langara Konkep. Dan diikuti oleh personel TNI Yonif Woroagi, Lanal, Lanud, Polres, Denzibang, beserta kodim 1417 Kendari serta diikuti oleh pihak SKPD Konkep, Pelajar SAM/SMP dan masyarakat. (p2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top