Kapolres Minta Media Kontrol Kinerja Polisi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Kapolres Minta Media Kontrol Kinerja Polisi

Kolaka, KoP–Polri sedang berusaha kuat mengubah stigma buruk yang sering disematkan kepada institusi bahayangkara itu. Salah satu caranya dengan memperkuat kontrol terhadap pelaksanaan tugas aparat di lapangan. Media massa, menjadi salah satu corongnya.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Kolaka, AKBP Darmawan Affandy saat berkunjung ke dapur redaksi harian Kolaka Pos. Menurutnya, selama ini masyarakat sering menganggap remeh tugas polisi. Salah satu contoh teranyarnya, pemboman di pusat perbelanjaan Sarinah, MH Thamrin Jakarta pusat. Pelaku aksi terorisme itu berhasil dilumpuhan polisi dalam waktu singkat. Prestasi Polri saat itu bahkan diakui hingga dunia internasional, tapi malah dipandang sebelah mata oleh beberapa warga negara ini.

Karenanya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengeluarkan kebijakan untuk memperbaiki citra polisi dimata masyarakat, dengan mempererat kemitraan media massa. “Kami ke sini untuk mempererat silaturahmi yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Kami melihat pemberitaan Kolaka Pos terkait kinerja kami sangat berimbang. Kami harapkan Kolaka Pos tetap menjadi kontrol bagi kinerja kami sekaligus mampu menggambarkan citra sejati polisi kepada seluruh warga,” terangnya.

Di kantor harian Kolaka Pos, Kapolres hadir bersama Kabag Perencanaan Kompol H. Muhajir, Kabag Ops Kompol Taufiq SB dan staf bagian humas Polres Kolaka Bripka Imran. Mereka disambut kepala redaksi Kolaka Pos, Eko Mardiatmo Junus, redaktur Nawir dan beberapa staf.

Menurutnya, tidak dapat dipungkiri ada saja oknum polisi yang tidak profesional dalam melaksanakan tugasnya. Untuk menangkal hal tersebut, ia mengatakan media massa memagang peranan penting sebagai kontrol sosialnya, sekaligus mengabarkan kepadanya polah anggota Polri di lapangan. “Kalau baiknya saya pasti dapat laporan. Nah, kalau kejelekannya (anggota Polri, red) saya harap dapat masukan dari teman-teman pers,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Redaksi Kolaka Pos Eko, mengatakan Kolaka Pos akan terus berusaha menjaga keberimbangan dalam prinsip cover both side. Konfirmasi merupakan kunci utama meraih berita yang berimbang. Karenanya ia menyambut baik inisiatif Kapolres Kolaka yang menganggap media sebagai mitra. (cr1/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top