Empat Kawanan Pelaku Curanmor Diringkus – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Empat Kawanan Pelaku Curanmor Diringkus

Kapolres (tengah) didampingi Waka Polres dan Kasat Reskrim Polres Konsel saat menggelar konfrensi pers. FOTO: Sapruddin/Kolaka Pos

Andoolo, KoP–Sepak terjang empat kawanan pelaku pencurian motor, Kadek Dwi Purnama (22), Ardi (27), Ical (27) dan Abdi (28) harus kandas. Pasalnya, jajaran Polres Konawe Selatan (Konsel) berhasil empat pelaku yang sering meresahkan warga. Sebanyak 16 unit motor hasil curian yang dilakukan empat kawanan Curanmor tersebut juga berhasil ikut diamankan.

Kapolres Konsel, AKBP Hendrik Widyana menjelaskan, penangkapan Dwi dilakukan pada Sabtu (10/9) 2016 lalu. Setelah dilakukan pengembangan pada Selasa (13/9) Ical ditangkap di Kendari. Selanjutnya pada Rabu (14/9)giliran Ardi yang dibekuk dan terakhir pada Kamis (15/9) Polres Konsel menangkap Abdi di Kabupaten Muna.

“Penangkapan itu berdasarkan laporan masyarakat di tiga TKP, di wilayah hukum Konsel yakni Polsek Palangga, Lainea, dan Andoolo,” jelasnya.

Modus mereka lanjut Hendrik, yakni melakukan pengintaian terlebih dahulu dengan menggunakan angkutan umum. Bahkan Dwi menginap disalah satu penginapan di Punggaluku, untuk mendapatkan targetnya dan ketika melihat korbannya lengah barulah motor tersebut diambil.

“Jadi korban yang meninggalkan motor dengan posisi kunci motor masih terpasang di kendaraan itulah yang diambilnya,” Terangnya.

Dari kasus tersebut Kapolres menghimbau agar masyarakat, selalu waspada terhadap kendaran yang dimilikinya. Apabila hendak meninggalkan kendaraan maka harus mengecek terlebih dahulu apakah sudah terkunci benar atau tidak.

“Selanjutnya bagi masyarakat yang belum sempat melapor, maka segeralah melapor dengan membawa surat kendaraan, dan mengecek kendaraan tersebut, apabila ada maka dapat langsung mengkonfirmasi dengan Kasat Reskrim untuk bisa menindaklanjuti,” imbaunya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Konsel Iptu Ismail mengatakan, terungkapnya kasus tersebut yakni bermula pada saat handphone (HP) yg dipegang salah seorang warga (Pembeli), di Kecamatan Palangga, dilihat oleh pemiliknya (korban). Hingga akhirnya korban langsung menghubungi Polsek Palangga dan menyita HP tersebut.

“Jadi selain motor ada juga HP sebanyak dua unit yang dicuri pelaku utama (Dwi), sehingga dari situlah terbongkarnya kasus ini,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan mantan Kapolsek Lainea itu, dalam pengembangan kasus tersebut, muncul tersangka bernama Dwi yang merupakan otak dari 16 TKP yamg ada. Dimana 13 TKP berada di Kendari dan 3 TKP berada di wilayah Polres Konsel.

“Dwi ini menargetkan dalam jangka waktu tiga hari bisa mendapatkan satu unit motor,” ujarnya.

Selanjutnya motor-motor tersebut dikirim kebeberapa jaringannya, yang berada di Kota Kendari dan Kabupaten Muna. Termasuk ada beberapa barang bukti yang diamankan dari Kabupaten Buton Utara.

“Dari pengembangan Dwi menjual dengan harga Rp.500 ribu hingga Rp.1 juta kepada penadah. Selanjutnya penadahlah yang menjual kepada pembeli dengan kisaran harga Rp 4 juta hingga Rp 5 juta,” Ungkapnya.

Akibat perbuatannya, keempat pelaku dikenakan pasal 363 subsider 362 dan 480 KUHP pidana, dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top