Dikbud Helat Pemilihan Korwas Konut – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Dikbud Helat Pemilihan Korwas Konut

Suasana pemilihan Korwas Dikbud. FOTO: Andi Jumawi/Kolaka Pos

Konawe Utara, KoP–
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DIKBUD) Kabupaten Konawe Utara (Konut) menghelat Pemilihan Koordinator Pengawas (Korwas). Kegiatan yang dihadiri puluhan pengawas dan ketua Asosiasi Pengawas Seluruh Indonesia (APSI) kemarin, (26/9).

APSI Konut, Muh. Rosnan mengatakan, dalam melaksanakan pemilihan Korwas sebaiknya harus memperhatikan tata caranya. Adapun tata cara yang diperhatikan adalah setiap perekrutan Korwas setiap jenjang pendidikan harus diwakili satu orang. Selain itu juga, suara terbanyak akan ditunjuk sebagai Korwas, sedangkan suara ke dua akan menjadi wakilnya.

“Setelah itu, peserta rapat dimintai kesepakatannya apakah hanya Korwas atau harus ada Wakil Korwas. Bila disepakati maka harus ada Ketua Korwas dan Wakil Korwas. Selanjutnya diminta semua peserta rapat untuk mengajukan calon Korwas setiap jenjangnya. Jumlah Pengawas di Konawe Utara sebanyak 35 orang dari seluruh jenjang,” paparnya.

Ia mengungkapkan, dalam hasil pemilihan, ada tiga Korwas yang diusulkan, seperti tingkat SD Sardin, untuk SMP Rosnan, SMA Damri. Sebab, ketiga calon tersebut dianggap mampu untuk melaksanakan tugas Korwas. Namun pada saat pemilihan, Damri menyatakan tidak bersedia untuk jabatan tersebut dan menyatakan mengundurkan diri.

Rosnan menambahkan, setelah dilaksanakan vooting tertutup dibacakan pimpinan Rapat yang terpilih sebagai ketua Korwas adalah Sardin dengan perolehan suara sebanyak 17 suara dan suara terbanyak kedua adalah Muh.Rosnan dengan perolehan suara sebanyak 3 suara.

Sementara itu, Ketua Korwas Terpilih, Sardin mengatakan, tujuan utama untuk melakukan kegiatan ini adalah melakukan peraturan sesuai permen dan mendukung program pemerintah daerah yang mana bertujuan untuk memilih Korwas yang ada di daerah ini. “Tujuan kami bukan semata kemenangan sebagai yang terpilih, tetapi untuk peningkatan kesejahteraan pengawas dan kedua peningkatan profesionalisme pengawas melalui pendidikan dan pelatihan yang mana jika SD yang dipanggil maka pengawas SD yang dikirim dan begitupun selanjutnya. Selain itu untuk besok kita akan lanksanakan kegiatan sosialisasi tugas pokok Korwas dan pengawas, ucapnya singkat.

Sementara Muh.Rosnan wakil ketua Korwasmengatakan, sesungguhnya banyak hal lain yang harus dibahas dalam tugas sebagai pengawas. “Banyak hal yang harus dibahas, seperti ketika ada kegiatan pengajuan penganggaran dan pembahasan anggaran di DPR untuk peningkatan kesejahteraan teman-teman pengawas dan bentuk-bentuk operasional dan pelatihan demi peningkatan kompetensi pengawas itu sendiri,” tandasnya. (k7/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top