Konawe Butuh 100 Tenaga Kesehatan–Perekrutan Ditunda Tahun Depan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Konawe Butuh 100 Tenaga Kesehatan–Perekrutan Ditunda Tahun Depan

Unaaha, KoP–
Kurangnya tenaga kesehatan di wilayah kabupaten Konawe, hingga kini belum juga tuntas khususnya penempatan tenaga kesehatan di kecamatan.
Untuk itu, perekrutan tenaga kesehatan yang pernah dijalankan pemerintah pusat seperti perekrutan bidan pegawai tidak tetap (PTT), juga akan dilakukan pemerintah daerah Konawe. Namun, perekrutan tenaga kesehatan ini tidak terfokus pada satu profesi tenaga kesehatan seperti yang dilakukan pemerintah pusat, tapi perkrutan tenaga kesehatan nantinya akan merekrut tenaga perawat, apoteker, sanitasi, gizi dan bidan.
Kepala Dinas Kesehatan Konawe, Muhammad Haris mengatakan, wacananya perekrutan tenaga kesehatan di Konawe dilaksanakan awal tahun ini, namun akibat adanya pemangkasan anggaran dari pusat akhirnya kegiatan ini dibatalkan tahun ini.
“Rencananya tahun ini, tapi adanya pemangkasan anggaran akhirnya kita tangguhkan dulu, yah mungkin tahun depan,” katanya.
Ia menambahkan, tidak hanya pemangkasan anggaran yang menjadi permasalaahan jika program ini dilaksanakan, karena untuk merekrut tenaga kesehatan, Dinas Kesehatan Konawe terlebih dahulu juga harus melakukan koordinasi dan meminta petunjuk ke pusat untuk melakukan perekrutan, hal ini dilakukan agar tidak ada benturan dan peraturan yang dilanggar saat kegiatan ini jadi dilaksanakan.
“Kita koordinasi ke pusat, sambil kita usulkan anggaranya dari 100 tenaga kesehatan yang kita butuhkan, sementara untuk proses perekrutan syaratnya sama seperti perekrutan bidan PTT, yang salah satu didalamnya mereka memiliki Surat Tanda Registrasi (STR),” bebernya.
Haris menjelaskan, rencana perekrutan ini akan dibagi formasi agar kebutuhan tenaga kesehatan bisa merata. “Kita bagi formasi per kecamatan, dan kecamatan yang kita prioritaskan itu di kecamatan terpencil seperti Routa, Asinua, Latoma dan Kapoiala, untuk masa kontraknya itu selama satu tahun,” tutupnya. (m4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top