Desa Amorome Utara Genjot Pembangunan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Desa Amorome Utara Genjot Pembangunan

Kepala Desa Amorome Utara, Djunadin.

Wanggudu, KoP–Desa Amorome Utara, kecamatan Asera, Konawe Utara, terus menggenjot pembangunan sarana prasarana desa, terutama pembangunan jalan desa.
“Kami melakukan kegiatan pembukaan dan pembangunan jalan desa sepanjang 1.850 meter,” kata kepala desa Amorome Utara, Djunadin yang didampingi sekretaris desa Amorome Utara, Kordinat, beberapa waktu lalu.
Djunadin mengungkapkan, desa yang berdiri sejak 2007 dan menjadi desa definitif pada 2012 lalu itu, tak henti-hentinya melakukan pembenahan di sektor sarana dan prasarana. “Saya selaku kepala desa hasil pemilihan bulan September 2011 dan dilantik Februari 2012, dengan masa jabatan 2012-2018. Awalnya desa ini jumlah KK (kepala kelurga, red) sebanyak 77, namun setelah adanya transmigrasi di kecamatan Asera, dengan nama UPT Amorome ?trans pada tahun 2010 lalu, yang sekarang berubah nama menjadi Oheo Trans, maka sebagian warga desa berpindah ke UPT (Amorome, red) tersebut karena lahannya ada di wilayah UPT tersebut. Jadi saat ini jumlah KK sekitar 50,” jelasnya.
Ia menjelaskan, sumber anggaran pembangunan desa Amorome Utara dari APBD dan APBN. “Untuk pembangunan desa, kami sudah banyak melakukan perubahan terutama sarana ibadah, pemerintahan berupa Balai Desa, Kantor, pembebasan lahan untuk fasilitas desa, dengan menggunakan anggaran APBD Konawe Utara 2012-2016. Sementara untuk dana desa APBN 2015 digunakan untuk membangun drainase sepanjang 255 meter dan SPAM sebanyak 3 unit dengan anggaran Rp261 juta,” beber Djunadin.
Sementara Dana Desa APBN tahun anggaran 2016 sebesar Rp357 juta, untuk tahap pertama digunakan pembukaan dan pembangunan jalan desa sepanjang 1.800 meter, adapun jalan yang sudah bisa dilalui dengan kendaraan baru 1.200 meter, karena 600 meter masih menunggu anggaran 2017. “Hal ini tentunya ?diharapkan menjadikan desa Amorome Utara semakin maju dan bisa menjadi desa yang sejahtera dan beradab seperti program pemerintah Konawe Utara, dengan visi misi Konasara (Konawe Utara Sejahtera dan Beradab, red),” tandasnya. (k7)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top