Cegah Bencana, BPBD Kumpulkan Data – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Cegah Bencana, BPBD Kumpulkan Data

Kolaka, KoP–Mencegah terjadinya bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka mulai mengumpulkan dana untuk dibuat menjadi Rencana Kontinjensi (Renkon).
Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kolaka, Bustan kini mulai mengumpulkan data untuk kemudian disusun menjadi Rencana Kontinjensi (Renkon). Renkon tersebut disusun dengan tujuan untuk mengantisipasi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi di Kabupaten Kolaka.

Menurut Bustam, saat ini BPBD Kolaka telah menggelar rapat dan workshop beberapa waktu lalu, pihaknya juga akan melakukan gladi lapangan yang akan dilaksanakan di Desa Peoho, kecamatan Watubangga. “Kegiatan ini kita laksanakan secara berkesinambungan, mulai dari menggelar rapat, workshop, hingga gladi lapangan. kita nantinya sampaikan kepada Bupati Kolaka dengan harapan bisa dibuatkan Perdanya,” katanya beberapa waktu lalu

Lanjut Bustam, dipilihnya desa Peoho sebagai tempat gladi lapangan karena pertimbangan di daerah tersebut rawan terjadi bencana. Saat musim penghujan tiba di daerah itu selalu menjadi langganan banjir.”Adapun tahapan kegiatan ini akan kita laksanakan selama tiga bulan,” ujar Bustam.

Ditegaskannya, sesuai Undang – Undang ketika terjadi bencana bukan hanya kewajiban BPBD, melainkan tanggung jawab Basarnas, Dinas Sosial, aparat kepolisian, TNI, termasuk masyarakat. “Saya harap setiap ada kejadian bencana jangan menyalakan satu pihak, masyrakat juga mempunyai peran penting dalam pencegahan

Dengan adanya ?Renkon itu, ia berharap semua pihak ikut andil dalam menangani permasalahan bencana, sehingga tidak ada lagi pihak tertentu. “Ketika terjadi bencana semua punya peran dalam menanggulangi bencana, tidak boleh lagi ada kata-kata mana BPBD, mana SAR, kepolisian dan lain-lain,” tandasnya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top