Kesulitan Air Bersih, Warga Desa Oheo Trans Bangun SPAM – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Kesulitan Air Bersih, Warga Desa Oheo Trans Bangun SPAM

Wanggudu, KoP–Memudahkan warga untuk mendapatkan air bersih, Desa Oheo Trans kecamatan Asera Kabupaten Konawe Utara membangun Sarana Penyedia Air Minum (SPAM) sepanjang 4026 Meter.

“Kami bersama masyarakat Desa Oheo Trans saat ini sedang melakukan pembangunan SPAM sepanjang 4026 Meter dengan menggunakan anggaran Dana Desa APBN 2016 tahap pertama sebesar 362 juta 214 ribu rupiah,” ungkap Kepala Desa Oheo Trans, Suleman yang didampingi oleh Sekdes Oheo Trans Amir Hasan, Rudianto Kasi Pemdes Oheo Trans, Agustari salah satu warga Desa Oheo Trans.

Menurutnya, anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat itu digunakan untuk membangun SPAM dengan ukuran 4 x 3 meter sesuai dengan hasil rapat desa yang diusulkannya. Selain itu dana desa juga gunakan untuk membangun plat duekker satu unit.

Ia menungkapkan, SPAM ini akan mengalir sekitar 150 rumah warga di Desa Oheo Trans. “Pipa induk yang kami gunakan ber?ukuran empat inci, dan untuk paralel ke rumah warga kami gunakan pipa ukuran 1/2 inci pipa merek trilliunpro yang merupakan pipa berstandar SNI 06-0084-2002,” terangnya.

Suleman menjelaskan, sebelumnya warga Desa Oheo Trans untuk mendapatkan air bersih karena berada di puncak gunung. Bahkan beberapa kali warga desa melakukan pengeboran untuk memperoleh air bersih. “Kami di sini sangat kesulitan mendapatkan air bersih, bahkan kami juga sudah pernah melakukan pengeboran tetapi tidak bisa menemukan air. Jadi kami bersama warga melakukan rapat desa untuk membahas dan memprogramkan SPAM. Akhirnya kami mengusulkannya ke Pemerintah kabupaten dan pusat dan alhamdulillah melalui dana desa dari APBN tahun 2016 ini kami telah melakukan pembangunan tersebut,” ungkapnya.

Ia berharap, agar program yang direncanakan di desa Oheo Trans bisa berjalan dengan lancar. “Kami berharap agar program yang telah direncanakan ini bisa berjalan dengan baik. Untuk itu kami meminta dukungan semua pihak terutama warga desa Oheo Trans dan pemerintah daerah maupun pusat agar program kami bisa terealisasi dengan baik,” tandasnya. . (k7)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top