BPMD Latih Bendahara Desa Gunakan Aplikasi Siskeudes – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

BPMD Latih Bendahara Desa Gunakan Aplikasi Siskeudes

Tirawuta, KoP– Meningkatkan kapasitas dan kemampuan bendahara desa dalam mengelola keuangannya, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Kolaka Timur turun langsung dilapangan guna memberikan pelatihan Siskeudes. Bahkan BPMD membagi tiga wilayah dari 12 Kecamatan yang ada di daerah yang di nahkodai Tony Herbiansyah sebagai bupati dan Andi Merya Nur sebagai wakil bupati Kolaka Timur. Hal itu dikatakan langsung oleh Kabid Pemerintahan Desa dan Lurah BPMD Kabupaten Kolaka Timur, Irwan Kara kepada wartawan koran ini kemarin.

Irwan lalu menuturkan, untuk wilayah pertama yang dilakukan pelatihan terdapat beberapa Kecamatan, yakni Kecamatan Lambandia, Aere, Poli-polia dan Dangia sebagai pusat kegiatan.

Kemudian, Kecamatan Loea, Tirawuta, Lalolae serta Kecamatan Ladongi sebagai pusat kegiatan. Selanjutnya, Uluiwoi, Tinondo, Mowewe dan Uesi di pusatkan di kecamatan Tirawuta. “Semuanya itu kita sudah lakukan yang kami mulai dari awal bulan ini dengan pemateri langsung dari pihak BPMD,” jelasnya

Dasar utama pelaksanaan diadakan pelatihan itu katanya, untuk menghindari kesalahan dalam mengelola dana desa. Dijelaskannya, Siskeudes merupakan aplikasi yang berbasis informasi dan teknologi yang dikeluarkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat, melalui Pemerintah Daerah yang dapat digunakan oleh pemerintah desa dalam mengelola dan menata keuangan desa.

“Tujuan diadakan pelatihan ini untuk memberikan wawasan, pengetahuan, serta kemampuan tentang tata cara pengelolaan keuangan desa dan aplikasi sistem keuangan desa kepada para bendahara desa se-Kabupaten Kolaka Timur yang baik dan benar, jelasnya.

Adanya aplikasi tersebut dapat mencegah terjadinya penyelewengan penggunaan anggaran. “Substansinya kan pencegahan penyelewengan anggaran. Karena itu, alangkah baiknya kita melakukan pencegahan sebelum terjadi,” tutupnya. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top