” Bayar, Bayar Pak ! “– Alamak Toilet Bandara Hauoleo Harus Dibayar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

” Bayar, Bayar Pak ! “– Alamak Toilet Bandara Hauoleo Harus Dibayar

Kendari, KoP–” Bayar, bayar pak ini toilet tidak ada kaitannya dengan bandara dan dikelola sendiri artinya swasta,” demikian dialog penumpang dengan petugas penjaga toilet di bandara Hauoleo Kendari.
Bukan hanya sekali ini saja terjadi perdebatan kecil antara penumpang yang menggunakan toilet di bandara Hauole dengan petugas toilet. “Genapa kami harus bayar, bukan kami pelit tapi di hampir semua bandara yang ada di Indonesia, tentu tidak bayar ketika menggunakan fasilitas bandara seperti kamar mandi,” kata penumpang itu dengan lembut.
Ada benarnya juga alasan penumpang bandara, sebab di mana pun mereka berada saat di bandara, tidak ada satupun fasilitas yang ada di bandara seperti kamar kecil atau toilet yang dikenakan pembayaran. Semuanya gratis, karena merupakan fasilitas dari bandara.
Tetapi aneh yang terjadi di bandara Hauoleo Kendari, justru harus bayar saat menggunakan toilet. Kisruh kecil antara penumpang dan penjaga toilet acapkali terjadi. Si penjaga toilet tampaknya tak mau mengalah bahwa orang yang sudah menggunakan toilet harus membayar. Demikian pula penumpang mulanya ngotot juga untuk tidak merokoh kocek saat menggunakan fasilitas bandara, tapi lama kelamaan akibat ribut kecil akhirnya si penumpang mengalah dengan mengeluarkan uang recehan dua ribu rupiah dan si penjaga toilet langsung diam. “Rupanya hanya dengan uang recehan dua ribu, si penjaga kamar mandi diam seribu bahasa. Ya ampun wibawa Pemda Sultra atau petugas bandara hanya dinilai dengan recehan Rp. 2.000, saja, sampai ngotot mempertahankan prinsip yang salah dalam mengelola toilet bandara,” tutur rombongan pejabat luar yang datang ke Kendari untuk suatu tugas.(hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top