352 Rumah Miskin Dibedah – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

352 Rumah Miskin Dibedah

Suasana penyerahan secara simbolis buku tabungan penerima bantuan BSPS oleh bupati Kolaka H. Ahmad Safei di kecamatan Pomalaa kemarin (9/9).FOTO: Dadang/Kolakapos

Kolaka, KoP
Sebanyak 352 unit rumah di Kolaka mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2016. Seluruh unit rumah tersebut tersebar di dua kecamatan yakni Tanggetada dan Pomalaa.

Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk uang antara Rp10 juta hingga Rp15 juta. Dana tersebut harus dibelanjakan untuk bedah rumah. Karenanya, bupati Kolaka, Ahmad Safei mengingatkan kepada para penerima bantuan, untuk tidak memanfaatkan dana tersebut secara salah. “Saya berpesan uang tersebut dimanfaatkan sesuai degan petunjuk teknisnya, saya tidak mau dengar ada masalah dengan program BSPS ini,” ujarnya.

Di Tanggetada, sebanyak 146 rumah mendapat bantuan dengan rincian 42 rumah di desa Pitudua, 55 rumah di desa Lamedai, dan kelurahan Anaiwoi 51 rumah. Sedangkan di kecamatan Pomalaa, tersebar pada empat desa dan kelurahan yakni desa Huko-huko
sebanyak 69 rumah, kelurahan Dawi-dawi 38 rumah, desa Oko-oko 47 rumah dan desa Pelambua 50 rumah. Bantuan tidak diberikan dalam bentuk tunai, melainkan dalam bentuk tabungan. “Masyarakat langsung menerima buku tabungan dan nantinya masyarakat yang akan langsung membelanjakan,” ujarnya. “Tujuan pemerintah ini adalah untuk merehabilitasi rumah bapak ibu, bukan untuk yang lain. Yang akan mengerjakan rumah ini juga ibu dan bapak,” tambahnya.

Sementara itu Kepala dinas Pekerjaan Umum Kolaka H. Abbas Nuhung di ruang kerjanya mengatakan bantuan yang diberikan tersebut merupakan bantuan pemerintah pusat dengan kerjasama antara Pemkab Kolaka dan Pemprov Sultra. “Alhamdulilah dengan perjuangan Bupati Kolaka H.Ahmad Safei, Kolaka bisa mendapat bantuan ini. Uang akan masuk sesuai dengan rincian anggaran, ada yang 10 juta Ada juga yang 15 jutaan, sesuai dengan kondisi rumah yang akan dibedah,” ujar Abbas. “Insyaalah kami pemerintah kabupaten Kolaka dengan petunjuk bupati Kolaka akan selalu berusaha membuat masyarakat lebih baik lagi. Kami hanya berharap pada masyarakat yang menerima untuk tidak menyalahkangunakan bantuan itu,” tutur Abbas. (hud/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top