Warga Dihimbau Jangan Membakar Sembarang – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Warga Dihimbau Jangan Membakar Sembarang

Net/Ilustrasi

 KOLAKA POS, KOLAKA POS –  Memasuki musim kemarau tahun ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka melakukan upaya pencegahan untuk menghindari kebakaran lahan yang biasa terjadi di musim kemarau seperti tahun lalu. Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan adalah mengeluarkan surat himbauan kepada camat untuk diteruskan ke desa ataupun lurah.

“Surat itu telah kami layangkan di setiap kecamatan dan harapan kami camat bisa menyebarkan di desa kemudian setiap desa memberikan  himbauan tersebut untuk  disampaikan di rumah-rumah ibadah yang ada di setiap desa atau lurah. Adapun isinya yaitu berupa himbauan untuk tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat dan jangan melakukan pembakaran sampah tanpa pengawasan,” ungkap Kepala BPBD Kolaka Aris Parubak

Kata Aris, berdasarkan informasi  dan data dari Badan Metrologi klimatologi dan geofisika, kemarau di tahun 2016 ini merupakan kemarau basah. Dimana hujan terkadang masih akan terjadi. Kondisi tersebut berbeda dengan kondisi kemarau pada tahun 2015 lalu yang sepanjang kemarau tidak terjadi hujan. Adapun kemarau basah yang terjadi di tahun ini diprediksi akan berlangsung hingga November mendatang.”Memang cuacanya  panas,  kebakaran masih kemungkinan  terjadi namun tahun ini hujan masih turun, “tambahnya.

Meskipun kemarau di tahun ini akan masih ada hujan, namun pihaknya akan tetap melakukan upaya antisipasi kebakaran lahan. Sehingga, kebakaran lahan yang terjadi di tahun lalu, tidak terulang lagi di tahun ini. “Memang kemarau tahun ini akan masih turun hujan, tapi kami akan tetap siaga. Supaya tidak ada lagi titik api seperti tahun lalu. Dimana tahun lalu itu ada dua titik api, yaitu di Kecamatan Wundulako dan di Kecamatan Wolo. Bahkan kabut asap di Wolo pada waktu itu cukup parah,”katanya.

Ynag perlu di waspadai oleh masyarakat kolaka adalah waspada jika ada hujan pasalnya hujan Ynag turun pada musim kemarau ini akan bersama dengan angin kencang dan petir. “Perumahan yang ada di gunung dan di pesisir harus selalau waspada apalagi jika hujan terjadi pada tengah malam.  Jangan terlalu nyenyak jika tidur karena jangan sampai ada angin puting beliung,” ujarnya (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top