Poros Batuawu-Pongkalaero Diduga Salahi Bestek – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Poros Batuawu-Pongkalaero Diduga Salahi Bestek

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, RUMBIA  – Proyek pembangunan jalan poros Batuawu-Pungkalaero kecamatan Kabaena Selatan kabupaten Bombana, menjadi sorotan anggota dewan saat melakukan peninjauan. Pasalnya, poros yang telah dikerja tersebut memiliki struktur yang rapuh.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Bombana, Aflan Zulkifli mengatakan poros tersebut telah mengalami kerusakan besar, padahal baru selesai dikerjakan dalam hitungan beberapa bulan saja. Poros yang dikerja dengan anggaran Rp17 miliar tersebut terangnya, dikerja sebelum bulan ramadhan (Juni, red) dan sudah rusak pada bulan Juli. “Hampir sepanjang jalan itu rusak dan berlubang, aspal terhambur,” ujar Aflan

Dari hasil pengamatannya, jalan yang dikerjakan oleh PT.Jilajeng tersebut dikerjakan tanpa menggunakan base (lapisan dasar, red) sehingga daya tahannya tidak kuat. Seharusnya terang Aflan, kontraktor mengaplikasikan dasar berlapis. Kontraktor terangnya, malah terlihat memanfaatkan pengerasan jalan yang pernah dilakukan perusahaan tambang nikel pada tahun 2013 lalu, sebagai dasar pengaspalannya. “Sudah ada pengerasan jalan yang dilakukan oleh pihak perusahan tambang, pihak pelaksana proyek pembangunan jalan poros itu yakni PT.Jilajeng memanfaatkan dan hanya menaburkan aspal tanpa ada base,” ungkap Aflan.

Aflan menduga terjadi kesalahan bestek atau pengurangan volume dalam pekerjaan pengaspalan. Untuk memastikan duduk perkaranya, DPRD Bombana akan segera memanggil dinas PU dan kontraktor,untuk didengarkan pendapatnya. “Mengapa mereka melakukan pekerjaan tidak sesuai dengan bestek. Bahkan kami juga akan meminta kontraknya sejauh mana proses pekerjaannya,” tuturnya (k6)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top