Optimalkan Pelayanan Kesehatan, Desa Rahabite Bangun Posyandu | KOLAKA POS

SAFARI DESA

Optimalkan Pelayanan Kesehatan, Desa Rahabite Bangun Posyandu

20160819_124309
Gedung Posyandu Desa Rahabite yang baru dibangun. Foto : Hasrul / Kolaka Pos.

KOLAKA POS, KOLAKA – Salah satu penyebab kurang optimalnya pelayanan kesehatan ditingkat desa adalah minimya sarana pendukung kesehatan, baik berupa gedung, alat kesehatan maupun transportasi. Hal ini pula yang terjadi di Desa Rahabite Kecamatan Toari. Di desa ini, pelayanan kesehatan belum berfungsi secara optimal karena belum memiliki gedung yang bisa menunjang aktivitas pelayanan kesehatan. Dengan alasan tersebut Pemerintah di desa itu kini membangun sebuah gedung Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), yang berukuran panjang 7,5 meter dan lebar 5 meter. Dengan adanya gedung tersebut, kedepan pelayanan kesehatan bisa berjalan dengan baik dan optimal di desa itu.

Kepala Desa Rahabite, Burhanuddin mengakui jika pelayanan kesehatan di desanya itu sedikit terkendala dengan tidak adanya gedung pelayanan kesehatan. Apalagi sebagai desa yang baru dimekarkan, Desa Rahabite memang sangat mengharapkan adanya fasilitas yang dapat mendukung pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA:  Hubungkan Dua Dusun, Ratusan Meter Jalan Desa Kukutio Dibuka

“Kami melihat selama ini pelayanan kesehatan di desa kami belum berjalan aecara optimal, salah satu penyebabnya karena belum adanya gedung Posyandu secara permanen. Makanya dengan adanya Dana Desa dari Kementerian Desa (APBN), maka salah satu bangunan yang sangat prioritas untuk dibangun di desa ini adalah gedung Posyandu, “kata Burhanuddin.

Dirinya menambahkan bahwa selain dianggap prioritas, pembangunan gedung Posyandu di desanya juga telah menjadi program prioritas Pemda Kolaka melalui program utama yang dikenal dengan nama SMS Berjaya.

“Pada poin kedua Program Prioritas Utama SMS Berjaya disitu disebutkan bahwa Pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat, artinya kami sebagai ujung tombak Pemerintah Daerah ditingkat desa harus melaksanakan dan mensukseskan program tersebut, dengan cara antara lain membangun pusat pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Dengan pembangunan Posyandu ini pelayanan kesehatan di Desa Rahabite akan semakin membaik dibandingkan dengan tahun sebelumnya,”tegasnya Kepala Desa Rahabite yang baru ini. (cr3/hen)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

The Latest

To Top