KPU Helat Sosialisasi Syarat Calon Kepala Daerah – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Utara

KPU Helat Sosialisasi Syarat Calon Kepala Daerah

KOLAKA POS, Lasusua – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menggelar sosialisasi syarat calon dan pencalonan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka tahun 2017 yang di hadiri Panwas, wakapolres, anggota DPRD , Kesbangpol dan sejumlah Panitia Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) di salah satu Hotel Lasusua.

Kordinator Devisi (Kadiv) KPU Provinsi Sultra, Iwan Rompo mengatakan, sosialisasi bertujuan untuk menganalisa dan melengkapi segala Pasangan Calon (paslon ) dan syrat penting yang bisa mengugurkan paslon tesebut.
“Terkait pencalonan karena ada perubahan regulasi perubahan mekanisme pencalonan yang berbeda dari tahun sebelumnya,” ujarnya iwan

Dalam pemaparan materinya dirinya menegaskan selain Ijasah para Calon yang Harus di Lampirkan ke asliannya, KPU Kabupaten juga harus memperivikasi berkas dan sesuai persyaratan yang di tetapkan, seperti surat keterangan telah selesai pembebasan bersyarat dan cuti bersyarat dan cuti menjelan bebas dari kapala badan pemasyarakatan.

Selain itu, iwan menambahkan, harus ada surat dari Kejaksaan dalam hal mantan pidana tidak menjalani masa pidana karena masa karena masa penahanannya sama dengan atau lebih dari masa pidananya, sehingga bersangkutan tidak  menjalani masa pidana.

Lanjut dia katakan KPU harus bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) terkait dengan Rekomendasi bebas Narkoba sebagai persyaratan pencalonan dan persyaratan calon.
“nanti KPU yang periksakan Calon Ke BNN apakah calon tersebut lolos tes narkoba, bukan hanya tes urine namun rencana harus tes darah untuk mengetahui balon tersebut dinyatakan bebas Narkoba karena untuk tes rambut fasilitas belum ada,” terangnya.

Iwan berharap,semua stekholder harus memahami alur syarat pencalonan sehingga calon yang siap maju di pilkada kolaka utara 2017 mendatang memenuhi syarat dan berjalan lancar. (k2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top