KPID Sultra Sosialisasi di Koltim – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

KPID Sultra Sosialisasi di Koltim

KOLAKA POS, Tirawuta – Sistem penyiaran di Indonesia baik dibidang pertelevisian maupun radio saat ini sudah harus mendapat prioritas di tengah kehidupan masyarakat secara keseluruhan baik diperkotaan bahkan sampai dipedesaan termasuk di Kabupaten Kolaka Timur.

Untuk itu, demi menjadikan Kabupaten Kolaka Timur sebagai kabupaten yang memiliki akses dan lumbung informasi melalui saluran pertelevisian maupun radio
sesuai dengan aturan yang berlaku, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) langsung turun gunung di daerah yang di nahkodai Tony Herbiansyah sebagai Bupati Kabupaten Kolaka Timur melakukan sosialisasi bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informatika setempat, kemarin di aula kantor bupati Koltim.

Ketua KPID Sultra Fendi Abdulah Hairin dalam sambutannya mengatakan sosialisasi kali ini memiliki tujuan agar para pengusaha TV kabel yang ada di Koltim
memiliki izin. Selain itu, agar siaran yang dipertontonkan kepada masyarakat bisa mencerdaskan anak bangsa dan anak-anak. “Makanya, kita harus awasi, agar tontonannya mengarahkan sesuai dengan nilai budaya dan adat. Begitu juga dengan pemilik pengusaha TV kabel dapat memiliki legalitas atau payung hukum,” ungkapnya.

Khusus di Koltim kali ini katanya, merupakan rangkaian program kerja yang sudah terlaksana. Dimana sebelumnya juga sudah berlangsung beberapa kabupaten lainnya di Sultra. Misalnya, di Kabupaten Buton Utara, Buton Selatan. Selanjutnya Kabupaten Konawe Utara dan Kolaka Utara. “Kabupaten dan Kota lainnya yang ada di Sultra, itu sudah terlaksana pada tahun kemarin,” jelasnya.

Sementara itu Plt Sekda Koltim Samsul Bahri yang mewakili bupati Koltim Tony Herbiansyah menyambut baik dengan agenda KPID Sultra melakukan sosialisasi. Sebab, dengan adanya berita maka bisa menambah wasan pikiran. Pasalnya, kejadian di daerah lain hanya dalam waktu detik saja kita sudah mengetahuinya.

“Jadi, diharapkan para pengusaha tv kabel dengan adanya sosialiasi ini bisa memahaminya, sehingga dalam mengelola usahanya bisa tenag. Lebih jelasnya, dapat
memiliki payung hukum dan meningkat usahanya lebih baik lagi,” katanya.

“Diatur nanti sesuai yang berlaku. Saya yakin, pengusaha itu butuh patung hukum. Setelah acaea ini juga harus ada tindak lanjut. Jangan berakhir begitu saja tanpa ada kegitan lanjuran, sehingga kedepannya harus tetap di kordinasikan untuk tetap
menjadi pegangan atau oleh-oleh kepada daerah,” tuturnya.

Sementara itu, Kadis Perhubungan dan Komunikasi Informatika Kabupaten Kolaka Timur

Amran Firdaus mengatakan, kegiatan ini melibatkan beberapa unsur. Mulai dari mahasiswa, tokoh masyarakat, para pengusaha TV kabel se Koltim maupun beberapa lainnya. Ia juga mengatakan, dai total secara keseluruhan pengusaha TV kabel yang ada di Koltim memiliki jumlah 17. “Semoga dengan sosialisasi ini, para pengusaha TV kabel bisa melengkapi persyaratannya untuk menertibkan izin,” ungkapnya. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top