Jelang Hari Raya, Dinas Pertanian Periksa Hewan Kurban – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Jelang Hari Raya, Dinas Pertanian Periksa Hewan Kurban

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, Kendari – Sebelum melakukan kurban terlebih dahulu diperiksa kesehatan hewan tersebut. Agar hewan yang dikurbankan layak komsumsi. Tak terkecuali pemerintah setempat dalam hal ini, Dinas Pertanian dan Kehutanan  Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, menggelar pemeriksaan antemorten terhadap seluruh hewan kurban yang terdapat di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Anggoeya, Poasia, Kota Kendari.

Dalam pemeriksaan hewan kurban tersebut, sebanyak 60 ekor sapi yang menjalani pemeriksaan fisik serta pemeriksaan kesehatan hewan, sebelum dilakukan pemotongan sapi.

Kepala Bidang Perternakan Dinas Pertanian dan Kehutana Kota Kendari, Murdiantoro menuturkan, pemeriksaan yang dilakukan ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya, terhadap hewan yang akan di kurbankan di hari Raya Idul Adha. “Jadi pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan antemortem, itu pemeriksaan secara fisik dari luar penampilannya, mata, mulut, telinga, semua kita periksa. Sebagai tindak lanjut. Kita juga akan melakukan pemeriksaan post-mortem,” ujarnya. Rabu (7/9/2016).

Ia menambahkan, pos mortem sendiri akan dilakukan, usai pemotongan hewan kurban, pada bagian-bagian dalam tubuh hewan, seperti limpah, jantung, hati dan secara keseluruhan. Setelah  melakukan pemeriksaan, pihaknya tidak menemukan adanya hewan kurban yang sakit maupun tidak sehat secara fisik. “Sejauh ini kita tidak menemukan hewan ternak, yang tidak layak dipotong pada hari raya. Seperti kerusakan pada mata yang cacat, telinga tidak sehat, dan tidak ditemukan pula  kerusakan pada semua bagian fisik. Ini kan wajib diketahui, karena memang  secara rukun Islam pemotongan kurban itu harus sehat, baik di luar maupun di dalamnya. Sehat dari penampilan visual,” ungkapnya.

Ia berharap, semoga pemotongan sapi berjalan dengan lancar, sesuai dengan yang direncanakan.”Sehingga dengan begitu, sama-sama senang, dan amal kita diterima di sisi Allah SWT,” tutupnya. (P2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top