DPT Bombana Bertambah Lebih dari 31 Ribu – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

DPT Bombana Bertambah Lebih dari 31 Ribu

Iwan Rompo banne saat memberikan sambutan. menurutnya kenaikan DPT Bombana hingga 31 ribu masih dalam tahap kewajaran.FOTO : La Ode Haliqfat/Kolakapos

KOLAKA POS, RUMBIA  – Ada peningkatan Daftar Pemilih Tetap (DPT) kabupaten Bombana pada Pilkada tahun 2017. Dibanding Pemilihan Presiden 2014 lalu, terjadi lonjakan DPT hingga lebih dari 31 ribu pemilih.

Pada Pilpres lalu, tercatat jumlah DPT di Bombana mencapai 107.444 jiwa. Saat ini bertambah menjadi 139.149 atau naik sekitar 1,29 persen. Hal tersebut diungkapkan Kepala Divisi Tehnis Pencalonan KPU Sultra, Iwan Rompo Banne, saat membuka acara sosialisasi syarat calon dan pencalonan perseorangan dan partai politik pemilihan bupati dan wakil bupati Bombana tahun 2017. Ia mengungkapkan bahwa kenaikan jumlah DPT tersebut merupakan hal yang wajar. Hal itu karena sudah menjadi lumrah tiap tahun terjadi pertumbuhan penduduk dan penambahan wajib pilih karena berbagai faktor pendukung.

Selain itu kata Iwan, jumlah tersebut diperoleh berdasarkan hasil rekapitulasi data yang dilakukan oleh KPU yang telah bekerja beberapa bulan lalu untuk mengambil data. Selain itu terangnya, DPT merupakan hasil sinkronisasi data KPU serta dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Bombana. “Data ini akan menjadi pegangan bagi penyelenggara yakni KPU dalam pelaksanaan pilkada nanti,” terangnya.

Disamping itu Iwan mengatakan, sukses atau tidaknya Pilkada nanti bukan hanay ditentukan oleh KPU, tetapi juga oleh Panitia Pengawas (Panwas). Karenanya, dibutuhkan kerjasama yang baik antara KPU dan Panwaslu dalam melaksanakan prosesi demokrasi. Ia meminta kepada Panwas untuk dapat melihat dengan cepat potensi kecurangan di Pilkada agar tidak berlarut-larut yang memaksa Pilkada berlangsung lambat. “Jangan nanti sudah terjadi pelanggaran baru muncul surat rekomendasi. Ini yang perlu dicermati sebagai penyelenggara, agar tidak menimbulkan hambatan dalam proses penyelenggaraan pilkada nanti,” harapnya. (k6/ema)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top