Bripda Valent Trifena Dipercaya Jadi Babinkabtimas Watuliandu – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Bripda Valent Trifena Dipercaya Jadi Babinkabtimas Watuliandu

Bripda Valent Trifena saat melakukan silaturahmi dengan warga di kelurahan Watuliandu

 KOLAKA POS, KOLAKA POS – Umumnya petugas kepolisian yang ada di desa atau biasa disebut Bintara Pembinaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) adalah polisi laki-laki. Namun lain halnya yang ada di kelurahan Watuliandu Kecamatan Kolaka. Bripda Valent Trifena Galenta  seorang Polisi Wanita (Polwan) dipercayakan menjadi Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkantibmas) di kelurahan Watuliandu, kecamatan Kolaka.

Dari 70 orang Bhabinkantibmas, dibawah naungan Satuan Binmas wilayah hukum Polres Kolaka, Valent Trifena Galenta memang satu-satunya Polwan yang masih terbilang junior diantara anggota Bhabinkantibmas Polres Kolaka. Bahkan, tidak ada yang berbeda dengan Polwan lainnya, di lingkup Polres Kolaka tempat dia berdinas sebagai anggota Polri. Baik itu teman seangkatan maupun seniornya mulai di tingkat bintara hingga level perwira Polwan.

Namun dengan dedikasi yang tinggi dalam menjalakan tugasnya, wanita kelahiran Pomalaa 29 Oktober 1996 telah ditunjuk untuk bertugas sebagai Babinkamtibmas di kelurahan Watuliandu menggantikan seniornya Bripka Sudirman.

Kolaka. Bripda Valent Trifena Galenta  mengatakan, selama menjadi anggota Babinkantibmas, dirinya bersentuhan langsung dengan banyak warga sehingga diperlukan pendekatan untuk memperlajari karakteristik di wilayah tugas. “Awal bertugas sedikit gugup, tapi saya sangat senang karena bisa berbaur dengan warna, karena bisa memahami banyak karakteristik mereka dan bisa belajar, serta berfikir secara dewasa serta menempatkan diri sesuai keadaan lingkungan,” jelasnya.

Selama menjadi anggota Babinkantibmas di kelurahan Watuliandu, dirinya telah melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya, serta bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar dengan cara Dor To Dor System. Tujuannya untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi yang erat dengan masyarakat di wilayah saya, sehingga tercipta kerjasama yang baik demi terciptanya polisi masyarakat,” terang mantan anggota Satres Narkoba Polres Kolaka.

“Meski baru seminggu bertugas sebagai Bhabinkantibmas, saya akan berusaha mengemban amanah dan tugas baru ini sebagaimana Bhabinkantibmas yang lainnya, dengan menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, aman dan nyaman sehingga masyarakat bisa melakukan aktivitasnya dengan baik,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kedepannya, untuk memudahkan tugas baru yang diembannya, dirinya akan membagikan kartu nama setiap rumah di wilayahnya, sehingga terjalin komunikasi yang baik. “Saat ini silaturahmi dengan pemerintah kelurahan, kepala lingkungan, tokoh masyarakat, pemuda dan tokoh agama hanya menyebarkan kontak person saya, kedepannya saya akan bagikan kartu nama setiap rumah biar lebih mudah lagi menghubungi saya,” tandasnya. (cr1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top