Mahasiswa UNCP Gelar Lomba Kuliner – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Utara

Mahasiswa UNCP Gelar Lomba Kuliner

KOLAKA POS, Lasusua – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) priode II tahun 2016 menggelar lomba kuliner inovasi non beras antar tim penggerak PKK tingkat desa se Kecamatan Lasusua yang di laksanakan di gedung pertemuan desa Tojabi kecamatan Lasusua kabupaten Kolaka Utara (kolut) yang di hadiri kepala desa beserta camat.

Kordinator Kecamatan (Korcam) Rahmatullah mengatakan kegiatan lomba kuliner non beras memang sudah di anggendakan sejak di ketahui tempat rencana KKN di tempatkan di kabupaten Kolaka Utara. ” Lomba non beras ini sudah agenda dari kampus karena kita sudah tau disini (kolut,red) sering di adakan jadi kita berupaya bisa melestarikannya,” ujarnya.

Lanjut diakatakan, khusus untuk kecamatan Lasusua hanya empat desa yang berpartisifasi antara lain Desa Pitulua, Desa Tojabi, Desa Ponggiha dan Desa Puncak Monapa. ” hanya empat desa yang ikut serta karena posko yang lainnya hanya berjumlah enam orang dan lainnya sampai 10 orang,jadi kita gabung saja posko terdekat,” terang rahmatullah

dirinya menambahkan, dari empat desa tersebut memamerkan berbagai bentuk makanan tradisional sampai berbagai jenis kue dan tidak di perkenankan berbahan beras kemudian di nilai dari tim juri yang di hadirkan dari dinas pariwisata dan PKK kecamatan.
” kegiatan ini percontohan untuk bisa melestarian budaya makan tampa beras dan lebih mendekatkan kepada masyarakat untuk mengenal jenis makan bergizi tampa menggunakan bahan baku beras,” ungkapnya.

sementara itu camat Lasusua,Hj Busrah mengatakan sangat mengapresiasi atas kegiatan mahasiswa KKN tersebut yang melakukan lomba inovasi kuliner non beras karena berupaya mengangkat makan khas daerah agar lebih di kenal.
“mudah-mudahan kegiatan semacam ini bisa berlajut kemasyarakat dan bisa meningkatkan minat masyarakat untuk mengolah makanan berbahan dasar alam lebih kreatifitas,” tuturnya
Olehnya itu, dirinya berharap lomba non beras ini terus bisa berlanjut karena menu makan tersebut selain bergizi juga murah, apalagi pangan lokal masih cukup banyak di Kolaka Utara.

setelah selesai penjurian, keluar sebagai juara pertama desa pitulua, juara kedua desa Tojabi dan Juara Ketiga Desa Ponggiha.(k2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top