Disdukcapil Tambah Jam Pelayanan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Disdukcapil Tambah Jam Pelayanan

Sejumlah warga sedang mengantre untuk melakukan perekaman KTP.FOTO : La Inga/Kolaka Pos

KOLAKA POS, Tirawuta – Antusias masyarakat Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) dalam pengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E) akhir-akhir mulai membludak. Akibatnya, Dinas Kependudukan  dan Catatan Sipil setempat harus memberikan pelayanan hingga bukan lagi dari waktu jam kerja yang sudah ditentukan.

Hal itu terlihat langsung aktifitas masyarakat yang berurusan di Kantor Capil yang dinahkodai Anwar Hamzah itu hingga larut malam. Berdasarkan pantauan wartawan Koran ini,
Kantor Capil masil memberikan pelayanan kepada masyarakat hingga pukul 01 Pagi, Selasa dini hari. Hal itu bukannya tak memiliki alasan, namun masyarakat yang sangat antusias rela menunggu giliran dari setiap nomor antrian yang sudah ada.

“Kami sendiri yang mau rela antri pak. Kami datang dari Kecamatan Tinondo dari pagi. Tapi, terlalu banyak yang mengantri, sehingga kami menunggu giliran. Mau pulang sudah tanggung juga. Lagi pula bukan kami saja yang mengantri. Banyak pak yang menunggu,” ungkap salah satu warga yang ingin mengurus KTP-E.

Sementara itu, Kadis Capil Kolitm Anwar Hamzah mengakui, membludaknya masyarakat Koltim yang mengurus KTP-E baru saja terjadi. Maksudnya, tidak seperti pada hari-hari jam kantor sebelumnya. “Kalau kemarin itu, dua atau tiga ratusan orang ada yang berurusan. Sebelumnya tidak sebanyak itu. Makanya, selesai hingga tengah malam. Masyarakat juga sangat antusias,” ungkpanya saat ditemui di kantor bupati Koltim, Selasa (6/9).

Mantan Sekdis Capil Kabupaten Kolaka ini juga mengatakan, membludaknya masyarakat yang melakukan pengurusan diakibatkan dengan adanta surat Mendagri yang ditujukan kepada setiap daerah yang ada di Indonesia. Diman dalam suratnya tersebut berisi tentang intruksi percepatan perekaman KTP-E serta pembuatan akte kelahiran usia 0-18 tahun. Sebab, tanpa KTP-E, masyarakat sangat susah untuk berusan.

“Makanya, kita layani sampai malam secara antri, karena waktu kantor kita tidak cukup, kita melayani ikhlas dulu dalam satu bulan ini, berlaku 29 Agustus hingga 30 September. Tidak ada yang pilih kasih, maupun berasal dari kalangan mana, semuanya sama, rencana biar sabtu minggu kita buka, tapi kita akan lihat dulu kekuatan operator dan jaringan,” katanya.

Terkait blangko katanya, hingga saat ini masih aman. Maksudnya Koltim tidak mengalami kekurangan. Namun pihaknya masih memiliki stok. “Kita masih punya blangko sekitar 1.200 lembar. Jadi kita masih aman,” tuturnya sambil berlalu. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top