BUMDes Rahabite Subsidi Bantuan Modal untuk Pedagang Kecil – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

BUMDes Rahabite Subsidi Bantuan Modal untuk Pedagang Kecil

Kepala Desa Rahabite, Burhanuddin.

KOLAKA POS, Kolaka – Sebagai sebuah lembaga perkonomian yang dibentuk di desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dituntut untuk mengelola kegiatan usaha yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa, yang didasarkan oleh kebutuhan, potensi, kapasitas desa, dan penyertaan modal dari pemerintah desa dalam bentuk pembiayaan dan kekayaan desa.

Dengan dasar tersebut, BUMDes Desa Rahabite Kecamatan Toari saat ini menjalin kerjasama terhadap beberapa warga di desanya yang kesehariannya menjalankan usaha sebagai pedagang tahu dan tempe. Kerjasama dimaksud berupa pemberian modal usaha kepada warga  agar dapat tumbuh dan berkembang sehingga dapat menjadi penunjang perekonomian sehari hari.

Kepala Desa Rahabite, Burhanuddin yang ditemui mengakui bahwa selama ini beberapa warga desanya memang menggantungkan sumber penghidupannya pada kegiatan usaha jual tahu dan tempe. Usaha tersebut kata dia memang sebuah usaha yang memiliki prospek pengembangan yang baik. Hanya saja kata dia, sebagian besar dari usaha warga sulit berkembang disebabkan minimnya modal usaha yang dimiliki untuk pengembangan usaha. Dengan dasar itu kata Burhanuddin, pihaknya bersama pengurus BUMDes memberikan solusi atas kesulitan tersebut dengan bantuan dana sebagai modal dalam menjalankan usahanya.

“Tahun ini merupakan tahun kedua BUMDes di desa kami menjalankan kegiatan bersama masyarakat. Ditahun pertamanya yakni tahun 2015 lalu, kami memberikan bantuan usaha kepada masyarakat bersifat perorangan dengan sasaran pengusaha tahu, tempe dan beberapa kios sembako, mengingat anggaran yang dikelolah oleh BUMDes memang masih kecil. Namun kedepan, atas kesepakatan antara pengurus dan pemerintah desa, bantuan modal tersebut kita akan alokasikan ke setiap dusun dengan sasaran kelompok usaha kecil masyarakat yang benar benar membutuhkan bantuan modal usaha,” kata Kepala Desa Rahabite.

Ditambahkannya bahwa dengan adanya kerjasama tersebut, BUMDes sebagai sebuah lembaga yang juga diwajibkan mendapat profit, tentunya dapat hidup dan berkembang bersama masyarakat yang ada di Desa Rahabite.

“Jika usaha masyarakat yang menjadi mitra dari BUMDes dapat berkembang, maka dapat dipastikan BUMDes juga akan semakin kuat dan besar, sebab bagaimanapun dari hasil keuntungan usaha yang dikelolah oleh warga, akan menghasilkan laba bagi BUMDes sebagai keuntungan dari bagi hasil usaha  masyarakat,” kata Burhanuddin. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top