30 September, Perekaman E-KTP Berakhir – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

30 September, Perekaman E-KTP Berakhir

Suasana perekaman E-KTP.FOTO : Dadang/Kolaka Pos

KOLAKA POS, Kolaka – Sebaiknya warga Kolaka segera melakukan perekeman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Pasalnya, berdasarkan instruksi dari Kementerian Dalam Neger (Kemendagri), perekaman E-KTP berakhir pada 30 September 2016.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kolaka  H. Abdullah mengatakan, proses perekaman sudah dimulai sejak dari 2012 lalu, dan masih berlangsung hingga sekarang. Namun antusias warga masih belum begitu aktif. Sehingga berdasarkan surat bernomor 100/7833/Dukcapil tanggal 1 Agustus 2016, Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk penyelesaian perekaman di Kolaka.

“Pemerintah melalui Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) telah memberikan instruksi, bagi warga yang tidak melakukan perekaman hingga 30 September 2016 nanti, akan berdampak pada pengnonaktifan data diri penduduk,” terangnya.

Ia mengungkapkan, dengan berakhirnya perekaman ini pengnonaktifan ini akan berakibat pada kesulitan saat melakukan pengurusan seperti BPJS, perbankan, pembuatan surat izin mengemudi (SIM), hingga kepentingan yang lainnya. “Semuanya menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), kalau sudah nonaktif tidak bisa digunakan lagi, kecuali mengurusnya kembali di Dinas Capil,” terangnya.

Abdullah mengimbau kepada warga yang belum melakukan perekaman diminta untuk segera merekam e-KTP. Diakuinya saat ini masih banyak warga yang masih memegang KTP. “Itu sudah tidak berlaku lagi, sesuai dengan Perpres Nomor 112 Tahun 2014, mulai 1 Januari 2015 semua penduduk Indonesia sudah harus memiliki e-KTP, jadi masyarakat segerakan untuk merekam KTP elektronik di kantor Capil Kolaka , ” imbaunya.

Kami sudah memberikan informasi ini kepada setiap Camat dan Kepala desa agar masyarakatnya yang belum memiliki KTP elektronik untuk segera melakukan perekaman.  “Saya tidak tau akan ada informasi da kebijakan apa lagi mengenai KTP elektronik ini.” Apakah ada perpanjangan perekaman ataupun penghentian saya tidak tahu. Pastinya memiliki KTP elektronik  itu wajib, “tandasnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top