Stok Sapi 5000 Ekor dan Kambing 3000 Ekor – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Stok Sapi 5000 Ekor dan Kambing 3000 Ekor

Net/Ilustrasi

Muhamad Nasir : Masyarakat tak Perlu Khawatir Kehabisan Stok

KOLAKA POS, Kendari – Bagi masyarakat Kota Kendari dan Sulawesi Tenggara yang hendak berkurban tak perlu khawatir tidak mendapatkan hewan kurban untuk disembelih pada saat Idul Adha.

Pasalnya menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhamad Nasir dari hasil peninjauan dilapangan pihaknya mememukan stok sapi yang siap untuk dijadikan hewan kurban sekitar lima ribu ekor sedangkan untuk kambing sekitar tiga ribu ekor.

“Stok sapi di Sultra untuk kurban sekitar lima ribu ekor dan kambing sekitar tiga ribu ekor, itu mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Sultra yang hendak berkurban,” katanya (5/6).

Menurunnya stok itu mampu memenuhi kebutuhan Sultra berdasarkan hasil prediksi Dinas Pertanian dan Perternakan  dengan jumlah hewan kirban tahun lalu. Dan dari jumlah stok sapi tersebut kebanyakan  di dominasi berasal dari empat daerah di Sultra.

“Jumlah itu mampu mencukupi. Tahun lalu sapi itu sekitar empat ribu lebih dan kambing sekitar dua ribu, jadi paling tidak jauh dari tahun lalu. Stok saat ini itu terbagi di seluruh daerah namun lebih di dominasi oleh Kabuaten Muna, Konawe, Kolaka, Bombana, dan kabuapaten Konawe Selatan,” katanya.

Ditambahkan tetkait pelaksanaan pemotongan hewan kurban pihaknya sudah memberikan petunjuk bimbingan tehnis ke Kabupaten/Kota yang ada di Sultra. Termasuk nantinya untuk memeriksa Kesehatan dan kelayakan daging kurban, agar higenis, sehat dan Halal.

“Kita sudah kirim petunjuk bimbingan tehnis ke kabupaten Kota untuk pelaksanaan hewan Kurban dan juga mengawal betul pelaksanaan kegiatan idul adha. Juga ada pemeriksaan antemortem sebelum penyembelihan dan sesudah dilakukan pemotongan pasmorten. oleh tenaga-tenaga medis ditingkat kabupaten kota,” tutupnya (k1/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top