RSBG Kolaka Miliki Alat Endoscopy – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

RSBG Kolaka Miliki Alat Endoscopy

Salah satu PNS di RSBG saat memperlihatkan alat endoscopy.FOTO :Dadang/Kolaka Pos

KOLAKA POS, Kolaka – Peningkatan kesehatan merupakan salah satu program prioritas pemerintahan Safei-Jayadin. Untuk mewujudkan visi tersebut, Pemda Kolaka melengkapi alat kesehatan di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) dengan mendatangkan alat endoscopy.
Direktur Utama RSBG Kolaka, Hasbi Cukke menjelaskan, endoscopy berfungsi untuk mengvisualisasi keadaan di dalam tubuh pasien. Dimana pada ujung selang alat tersebut terdapat kamera. Sehingga dengan demikian, lambung serta saluran pencernaan lainnya dapat terlihat secara jelas. “Jadi dengan menggunakan alat endoscopy maka dapat diketahui, apakah di dalam tubuh pasien terdapat kelainan seperti tumor atau tidak,” jelasnya.
Menurutnya, alat endoscopy merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan. Adapun anggaran untuk pengadaan alat tersebut sebesar Rp2,5 miliar, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Kolaka mengusulkan alat endoscopy setelah mempunyai dokter sub spesialis konsultan gastro enterro hepatologi, yang telah ada di RSBG sejak tahun lalu. “Jadi kami mengusulkan endoscopy karena kami sudah mempunyai dokter sub spesialis konsultan gastro enterro hepatologi, karena percuma ada alatnya kalau tidak ada ahlinya. Dan alat endoscopy yang ada di RSBG saat ini, merupakan satu-satunya alat endoscopy yang ada di Sultra,” tandasnya.
Lanjut ia menuturkan, dengan adanya alat endoscopy di RSBG, maka masyarakat Kolaka ataupun Sultra tidak perlu lagi pergi ke luar daerah yang lebih jauh, jika membutuhkan alat tersebut terutama guna pelayanan kesehatan di Kolaka. Olehnya itu, dengan adanya alat endoscopy di RSBG, diharapkan dapat memberikan layanan kesehatan yang lebih maksimal kepada masyarakat. “Pengadaan alat endoscopy ini tidak lepas dari program prioritas Pemda, yaitu peningkatan layanan kesehatan. Olehnya itu, dengan adanya alat ini, kami berharap visi kami yaitu pemenuhan kebutuhan layanan kesehatan yang bermutu dapat terealisasi,” harapnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top