SMAN 1 Kolaka Terpilih Jadi Sekolah Rujukan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

SMAN 1 Kolaka Terpilih Jadi Sekolah Rujukan

Suasana In House Training yang digelar SMAN 1 Kolaka.FOTO : Dadang/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – SMAN 1 Kolaka kembali membuktikan kualitasnya. Buktinya, SMAN 1 Kolaka menjadi barometer perkembangan pendidikan SMA di Bumi Mekongga ini. Hal itu setelah Kementerian Pendidikan menetapkan sekolah tersebut sebagai sekolah rujukan.

Kepala SMAN 1 Kolaka, Abdul Aris mengatakan, sesuai program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, SMAN 1 Kolaka diberikan kepercayaan sebagai  salah satu sekolah di Bumi Mekongga menjadi  sekolah rujukan. Sebab, SMAN 1 Kolaka dinilai memiliki segudang prestasi baik ditingkat kabupaten mapun nasional dan memiliki guru yang berkualitas di bidangnya.

Disamping itu juga, terpilih sebagai menjadi sekolah rujukan, karena pada waktu itu SMAN 1 Kolaka berhasil melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer. “Nah, kemungkinan atas keberhasilan ini menjadi patron Kementerian menunjuk SMAN 1 Kolaka sebagai sekolah rujukan. Serta melihat SMAN 1 Kolaka meraih berbagai prestasi baik dibidang akademik, maupun non akademik,” ungkapnya.

Aris mengungkapkan, dengan terpilihnya sebagai sekolah rujukan, SMA yang ada di Kolaka tidak harus pergi ke daerah lain untuk melakukan studi banding. Sebab, SMAN 1 Kolaka juga memiliki prestasi yang tidak kalah dengan sekolah lain, baik itu dari segi mutu maupun dari ekstrakurikulernya.

“SMA rujukan ini tentunnya menyangkut dengan mutu pendidikan. Jadi SMA yang ada di Kolaka tidak perlu lagi mencari sekolah lain untuk melakukan studi banding ke luar daerah kabupaten Kolaka. Sebab, SMAN 1 Kolaka diberikan semacaman sekolah rujukan. Jadi berbicara menyangkut kualitas guru, kegiatan ekstrakulikuler, ataupun prestasinya itu cukup melakukan studi banding ke SMAN 1 Kolaka,” ujar pria yang bersahaja ini.

Ia menjelaskan, setelah ditunjuk sebagai sekolah rujukan, SMAN 1 Kolaka akan terus meningkatkan kualitas yang ada dengan cara melakukan pembenahan untuk memenuhi standar nasional pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan dengan cara menggelar In House Training. Dalam In House Training ini membahas tentang KKN, Analisis, RPP dan silabus. Tujuannya untuk menyamakan persebsi para guru agar bisa dibuatkan suatu dokumen.

“Sebagai sekolah rujukan kami mendapat dana sebesar Rp 230 juta untuk pembenahan-pembenahan semua di seluruh sektor di sekolah. Salah satu pembenahan yang dilakukan adalah dengan menggelar In House Training. Dalam kegiatan tersebut para guru membahas tentang kesepakatan tentang KKN, pembahasan analisis, RPP, Silabus. Tujuannya untuk mempersatukan pendapat teman-teman guru agar bisa menjadikan suatu dokumen atau pedoman. Sehingga nantinya ini akan berkelanjutan. Jadi setelah teman-teman guru berangkat ke workshop atau diklat yang berkaitan dengan kurikulum, nah dengan adanya program ini tentunya diharapkan bisa membimbing guru-guru lain yang ada di Kolaka,” paparnya.

Menurutnya, program ini sangat bermanfaat bagi SMAN 1 Kolaka. Sebab, dengan diterpilihnya sebagai sekolah rujukan SMAN 1 Kola dapat meningkatkan kualitas pendidikan, baik guru maupun siswa. “Setelah SMAN 1 Kolaka ini menjadi salah satu sekolah rujukan, program ini akan berkelanjutan. Jadi setelah semester ini, dikelola semaksimal mungkin dengan dilakukan berbagai kegiatan yang sudah diprogramkan oleh pusat itu,” terangnya.

Ia berharap, dengan menjadi sekolah rujukan kualitas SMAN 1 Kolaka bisa lebih meningkat dibanding dengan sebelumnya. “Kami berharap ke depan ada grafik peningkatan yang akan diraih. Baik dari hasil ujian nasional, para guru juga bisa lebih berkualitas dan koperatis. Jangan setelah ditunjuk sebagai sekolah rujukan mengalami kemunduran. Diibaratkan seperti HP, itu apabila diberikan tambahan daya, kualitasnya bisa lebih meningkat, seperti juga suntikan dana yang diberikan ke sekolah, harus bisa meningkatkan kualitas yang ada,” tandasnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top