Polres Bombana Sosialisasi Cegah Kebakaran Hutan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Polres Bombana Sosialisasi Cegah Kebakaran Hutan

KOLAKA POS, BOMBANA – Menghindari terjadinya kebakaran hutan yang bersumber dari pembakaran lahan dan kemarau, Polres Bombana menggagas sosialisasi pencegahan kebakaran hutan. Sosialisasi tersebut terang Kapolres Bombana, AKBP Hery Susanto, akan dilaksanakan mulai pekan depan.

Melalui sambungan teleponnya, Kapolres mengatakan sosialisasi tersebut tidak akan dilakukan dalam skala besar, tetapi akan dipusatkan pada daerah yang rawan bencana kebakaran. Untuk hal itu, Polres akan meminta data daerah rawan tersebut kepada Dinas Kehutanan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bombana.

Ia menambahkan, meski belum ada data real dari Pemkab Bombana terkait luas lahan hutan yang terbakar, namun Polres tetap akan melaksanakan sosialisasi untuk mengubah pendekatan dari pemadaman ke pencegahan. “kebakaran hutan ini memiliki dampak yang besar. Diantaranya hilang dan rusaknya habitat satwa liar, meningkatnya emisi gas rumah kaca penyebab perubahan iklim, mengganggu kesehatan manusia dan merugikan negara secara ekonomi,” jelasnya.

Sosialisasi tersebut akan melibatkan semua stekhoulder dan berbagai lapisan masyarakat. “Dengan diadakannya sosialisasi ini, di harapkan masyarakat secara umum bisa sadar dan peduli terhadap kondisi hutan sehingga dapat meminilisir terjadinya kebakaran hutan,” ungkapnya alumni Akpol 1996 itu. (k6)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top