Pelabuhan Sapoiha akan Segera Difungsikan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Utara

Pelabuhan Sapoiha akan Segera Difungsikan

Dermaga Sapoiha sementara dikerja.FOTO : Rusman/Kolaka Pos

KOLAKA POS, LASUSUA – Setelah terbengkalai beberapa lama Fasiltas Pelabuhan laut Watunohu kini dipastikan akan segera kembali berfungsi. Pasalnya, pekerjaan lanjutan pembangunan fasilitas pelabuhan yang terletak di Desa Sapoiha Kecamatan Watunohu Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) tersebut telah memasuki tahap penyelesaian akhir.

Dermaga Sapoiha ini dipastikan dapat kembali berfungsi setelah mendapat asupan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 20 miliar lebih, yang dikucurkan dalam dua tahap yakni APBN-P 2015 sebesar Rp 11 miliar lebih serta APBN 2016 sebesar Rp9 miliar lebih.

Kepala Desa (Kades) Sapoiha, Rusli menuturkan, terwujudnya pembangunan Dermaga Sapoiha tersebut tentu akan membawa manfaat yang sangat besar terhadap masyarakat Kolut khususnya masyarakat se Kecamatan Watunohu, terutama dalam hal terbukanya lapangan pekerjaan. Meski begitu, dirinya berharap pembangunan fisik dermaga yang sudah terrealisasi saat ini dapat ditopang dengan pengerukan dasar laut di sekitar areal dermaga yang saat ini sudah terjadi pendangkalan serta pemindahan aliran sungai yang berada tidak jauh dari lokasi dermaga.

“Karena jika aliran sungai yang berada dekat dermaga itu tidak dipindahkan otomatis pasirnya akan terus lari ke dermaga, paling satu tahun kemudian sudah tidak bisa lagi digunakan karena sudah dangkal, ketika dipindahkan otomatis hamparan-hamparan pasir dari sungai tidak masuk lagi ke dermaga,” ujar Rusli.

“Jadi harapan saya sungai bisa dipindahkan kemudian ditalut serta pengerukan walupun pengerukan itu sifatnya manual, kita kan bisa menggunakan mesin penyedot pasir, karena ini menyangkut azas manfaat dermaga ini kedepan.

Rusli menambahkan, masyarakat Kecamatan Watunohu memberikan apresiasi terhadap Anggota DPR RI asal Sultra, H Umar Arsal, atas perhatian yang telah diberikan terhadap warga Kolut, khususnya masyarakat Kecamatan Watunohu. “Khususnya kami masyarakat di utara ini, kami sudah jelas berutang budi kepada Pak Umar Arsal, karena gagasan yang beliau lakukan tidak sedikit, termasuk dengan terwujudnya pembangunan dermaga ini tidak terlepas dari hasil kerja Pak Umar Arsal,” tandasnya.(k2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top