Konsel Siap Jadi Sentra Pembibitan Sapi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Konsel Siap Jadi Sentra Pembibitan Sapi

f 2 konselKOLAKA POS, ANDOOLO – Dengan potensi yang besar, Konawe Selatan merasa mampu untuk menjadi sentra peternakan sapi di Sultra. Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengatakan Pemkab telah melakukan pemetaan dan tengah mengusul sertifikasi kepada pemerintah pusat agar Konsel dapat menyiapkan sendiri bibit unggul untuk didistribusikan ke daerah potensial.

Dia merinci, selama ini pemerintah pusat hanya menyiapkan bibit saja tanpa melihat potensi apa yang ada di masing-masing desa. Padahal banyak desa yang tidak cocok dijadikan lokasi peternakan sapi. Buntutnya, bantuan tersebut menjadi mubazir. “Sementara untuk saat ini kita sudah petakan daerah yang cocok. Misalnya di desa ini, cocok untuk peternakan maka yang harus kita siapkan adalah rumput gajah untuk makanan sapi. Kemudian ada wilayah yang cocok untuk kandang, setelah itu barulah kita beri bantuan,” jelasnya.

Sedangkan mengenai sertifikasi yang telah diusulkannya ke pemerintah pusat, mantan ketua DPRD Konsel ini menjelaskan Kementerian telah menurunkan tim untuk melakukan penilaian. “Saat ini Dirjen sudah menurunkan tim dan sementara bekerja,” ungkapnya.

Dengan sertifikasi bibit tersebut terangnya, Konsel berusaha memutus rantai pengadaan bibit yang selama ini didatangkan dari provinsi Nusa Tenggara Barat. Jika Konsel mampu menyediakan bibit, maka proram bantuan bibit kepada masyarakat dapat dilakukan lebih cepat dan tepat. “Kalau kita sudah dapat pengakuan melalui sertifikasi, maka akan semakin gampang. Dinas Peternakan Konsel tinggal menyiapkan bibit unggul, kemudian kita bagikan kepada masyarakat. Bahkan kalau perlu kita juga siapkan untuk daerah lain,” katanya.

Surunuddin menambahkan nyaris seluruh daerah transmigrasi di Konsel dapat dijadikan sentra penyiapan bibit sapi unggul. Karenanya, Konsel membutuhkan pengakuan dari pemerintah dalam bentuk sertifikasi. “Untuk sentra-sentra peternakan di Konsel ada di kecamatan Ranomeeto Barat, Jati Bali, Mowila dan Sindangkasih. Jadi hampir seluruh wilayah trans di Konsel itu berpotensi besar menyiapkan bibit unggul,” tandasnya.

Untuk memastikan keberlanjutan program pembibitan sapi kata politisi Golkar ini, ia juga tengah merancang Peraturan Bupati yang isinya melaran penyembelihan sapi betina yang masih berusia produktif. “Sertifikasi juga akan mendorong meningkatnya harga sapi yang akan meningkatkan pendapatan peternak,” tutupnya. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top