PPK dan Kasatker Dituding Lakukan Maladministrasi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

PPK dan Kasatker Dituding Lakukan Maladministrasi

Ketua PRI Sultra Aksa.Foto : Asbar

Dalam Proses Lelang Tahap II Jalan Pemuda Kolaka.

KOLAKA POS, KENDARI – Kecurigaan itu mendekati kebenaran. Pemeriksaan yang dilakukan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Sultra terhadap Panitia Pembuat Komitmen (PPK) VI Pekerjaan Jalan Nasional (PJN) wilayah I Sultra dan Kepala Satuan Kerja (Kasatker) wilayah I Sultra ditemukan adanya pelanggaran mal administrasi yang dilakukan oleh keduanya dalam proses lelang tahap II pembangunan jalan Pemuda Kolaka.

Menurut Ketua ORI Sultra M.Aksa pelanggaran maladministrasi yang dimaksud yakni, PPK dan Kasatker salah menafsirkan peraturan-perundangan yang berlaku dengan mengabaikan kewajiban hukum. “PPK dan Kasatker baik secara bersama-sama maupun secara sendiri-sendiri terbukti melakukan perbuatan maladministrasi sebagai mana dimaksud dalam pasal 1 ayat (3) huruf a dan huruf “d” undang-undang nomor 37 tahun 2008 rntang ORI, berupa perbuatan melawan hukum dan pengabaian kewajiban hukum,”  katanya, kamis (1/9).

Olehnya itu Ombudsman berkesimpulan bawa pelaksanaan pelelangan paket pembangunan poros jalan pemuda lanjutan tahun anggaran 2016 yang selenggarakan ULP Sultra yang menetapkan PT Rekaya Semesta Utama sebagai pemenang lelang sudah benar. Sebagai mana dimaksud pada dokumen penetapan pemenang  pelelangan dengan nomor 22.01/VII/Pokja Wil I Sultra/APN/BM-TG/2016 tanggal 01 juli 2016. “Dokumen lelang tetsebut telah sesuai dengan ketentuan dalam ketentuan Perpres nomor 4 tahun 2015 tentang perubahan keempat atas peraturan presiden nomor 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah,” sebutnya.

Kata dia, atas tindakan Mal administrasi tersebut Ombudsman juga memberikan saran kepada Dirjen Bina Marga Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, serta kepala Balai  Besar jalan Nasional VI Makassar agar melakukan evaluasi terhadap kinerja PPK dan Kasatker. Ombudsman juga memerintahkan Kepada PPK dan KPA untuk menindak lanjuti hasil pelelangan yang dimenangkan PT Rekaya semesta utama dengan menerbitkan Surat  Penunjukan Penyedia Barang dan Jasa  (SPPBJ).  “Hari ini saran tersebut sudah kita kirim ke Dirjen dan Balai besar jalan Nasional VI Makassar,” tutupnya. (k1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top