Peserta KKN USN Gelar Lomba Pidato – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Peserta KKN USN Gelar Lomba Pidato

Seminar hasil program kerja mahasiswa KKN USN Angkatan III 2016 di Kecamatan Mowila Kabupaten Konawe Selatan.FOTO : Hasrul/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Ada yang berbeda dari kegiatan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Sembilanbelas November (USN) di Kecamatan Mowila, KabupatenKonawe Selatan tahun ini.  Hal tersebut terlihat dari hasil kegiatan lomba baik yang bersifat fisik maupun non fisik yang disampaikan oleh Dosen Pendamping KKN di Kecamatan Mowila, Taqwa Rahman.

Menurut Taqwa, salah satu kegiatan yang paling menarik yang dilaksanakan oleh mahasiswanya itu adalah Lomba Pidato Antar Kepala Dusun se kecamatan Mowila. Pasalnya hingga saat ini nyaris tak pernah didengarkan jika Kepala Dusun dilibatkan dalam lomba pidato.

“Memang ada beberapa lomba yang dilaksanakan oleh mahasiswa kami di kecamatan Mowila saat ini, namun yang paling menarik dan patut kita pertahankan adalah Lomba Pidato antar Kepala Dusun itu, yang mana tujuannya lebih memberi ruang kepada Kepala Dusun di daerahnya untuk berbicara di depan orang banyak secara ilmiah. Saya kira ini patut kita budayakan agar kepala dusun sebagai ujung tombak pemerintah yang paling bawah, nantinya bisa berbicara secara ilmiah untuk pengembangan wilayahnya sendiri,”kata Taqwa.

Sementara itu, Firdaus,  Sekretaris Camat Mowila, yang dihubungi mengatakan bahwa program KKN Mahasiswa angkatan III USN Kolaka dinilai sangat signifikan dan bersinergi dengan program pemerintah Kecamatan Mowila terutama di desa.

“Kami tidak pernah bosan menerima kehadiran mahasiswa KKN USN Kolaka di daerah ini sebab bagaimanapun mereka banyak memberi manfaat bagi kami di daerah ini. Kami berharap kegiatan seperti ini tidak kali ini saja, namun kedepan kami masih berharap mereka akan datang lagi di Kecamatan Mowila ini,”pinta Sekcam Mowila, Firdaus.

Di Kecamatan Mowila sendiri, kata Firdaus,  ada enam posko desa yang menjadi sasaran KKN tahun ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 26 mahasiswa yang berkedudukan di setiap desa. Rencananya KKN yang dimulai tanggal 1 Agustus ini akan berakhir pada 5 september 2016.

“Jadi peserta lomba itu berasal dari enam desa dengan jenis lomba antara lain Lomba Pidato Antar Kepala Dusun, Pelatihan pembuatan makanan es krim sehat bagi ibu dasa wisma, pendataan penduduk di lingkungan desa dengan bekerjasama aparat pemerintah desa, penyuluhan kesehatan, pelatihan komputer bagi perangkat desa, dan lain lain,”terang sekcam Mowila. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top