Ngaku Anggota TNI, Warga Diamankan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

HUKUM & KRIMINAL

Ngaku Anggota TNI, Warga Diamankan

Sri Sugianto (paling kiri) yang mengenakan seragam TNI AL berpangkat sersan kepala untuk menipu. Foto: Radar Tegal/JPG

KOLAKA POS, Tegal – Aparat Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Desa Kaliwungu, Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal pada Selasa lalu (30/8) menangkap pria bernama Sri Sugianto (47). Penyebabnya, Sugianto yang mengaku anggota TNI AL hendak menipu Kepala Desa Kaliwungu Susnedi.

Sugianto adalah warga Desa Kutamendala RT 6/RW 6 Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes. Sudah sekian lama pria pensiunan itu menipu dengan mengaku sebagai sebagai anggota TNI AL.

Namun, akhirnya ia kena batunya juga saat hendak menipu Susnedi. Pada Selasa (30/8) pagi, tiba-tiba Sugianto datang menemui Susnedi di Balai Desa Kaliwungu.

Saat itu Sugianto datang dengan seragam TNI AL untuk meminta sumbangan Rp 150.000. Alasannya untukkegiatan latihan tentara.

Namun, aksi Sugianto itu bukanlah yang pertama. “Beberapa bulan lalu, orang tersebut juga datang ke sini dan melakukan hal yang sama,” ungkap Susnedi.

Namun, Susnedi mencurigai tingkah laku Sugianto. Pasalnya, Sugianto saat datang mengenakan seragam TNI AL berpangkat sersan kepala, namun ada atribut dinas perhubungan, komunikasi dan informasi (Dishubkominfo).

Lantaran curiga, Susnedi lantas menelepon Babinsa di desanya, Kopda Kustari. Saat itu Kustari langsung menginterigasi Sugianto.

Ternyata Sugianto tidak bisa menunjukkan identitasnya sebagai anggota TNI aktif. Karenanya, Kustari langsung memboyong Sugianto ke  Makoramil 17/Balapulang untuk diperiksa lebih lanjut.

Kepada petugas, Sugianto mengaku terpaksa melakukan hal itu lantaran butuh biaya untuk berobat. “Uangnya untuk berobat kaki saya yang sakit sampai sembuh,” ujarnya.

Ternyata, ia sudah berkali-kali melakukan aksi serupa di berbagai tempat. Akhirnya, Sugianto diserahkan ke Polsek Balapulang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.(muj/zul/jpg/ara/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top