Ratusan CJH Diberangkatkan ke Makassar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Ratusan CJH Diberangkatkan ke Makassar

Sejumlah Calon Jamaah Haji sebelum diberangkatkan ke embarkasi Makassar.FOTO : Dadang/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Sebanyak 194 jumlah Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kolaka kemarin (31/8) diberangkatkan ke Makassar. Pasalnya, seluruh persyaratan untuk menunaikan ibadah haji tersebut sudah dipenuhi.

Kepala Kantor Departemen Agama Kolaka,  Abdul Azis Baking mengatakan, seluruh administrasi seperti visa dan paspor CJH sudah diselesaikan. Begitupun dengan kesehatan, mereka sudah diperiksa kesehatannya oleh Dinas Kesehatan dan juga telah divaksin. Selain itu, seluruh JCH juga telah mengikuti manasik haji, sehingga mereka dinyatakan siap untuk diberangkatkan.

Azis menambahkan, pada pemberangkatan tahun ini, CJH Kolaka mendapat bantuan biaya pemberangkatan dari Pemda Kolaka. “CJH Kolaka merupakan satu-satunya daerah di Sultra yang mendapatkan bantuan dari Pemda senilai Rp 743 juta. Jika dibagi 194 CJH, maka satu orang mendapatkan sekitar Rp 3,8 juta,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei meminta para JCH untuk menjaga kesehatannya. Sebab, 60 persen ibadah haji berkaitan dengan fisik. “Saya ingatkan kepada JCH untuk jaga kesehatan dan jaga pola makan. Jangan terlalu banyak melakukan aktivitas diluar ibadah seperti jalan-jalan atau berbelanja. Karena kondisi cuaca di tanah suci berbeda dengan di Kolaka. Dan jika dalam kondisi sakit, maka banyak rangkaian kegiatan ibadah yang kurang maksimal dikerjakan,” katanya.

Sementara itu Kepala Bagian Kesra Kolala Hj. Andi Wahidah mengatakan  setelah berangkat dari bandara Sangianibandera menuju bandara sultan Hasanuddin Makassar ,  JCH Kolaka akan di jemput oleh bus dan istirahat di Asrama Embarkasi Makassar.  “Di Embarkasi Makasar jamaah mendapatkan pemeriksaan kesehatan kembali dan mendapatkan gelang identitas nama yang akan di gunakan sebagai pengrnal saat berada di Madinah,  kemudiam  JCH Kolaka akan berangkat ke Jedah Arab Saudi  pada pukul 04.00  subuh (1/9) di perkirakan sampai pada pukul 18. 00 waktu arab Saudi, “tambhanya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top