Program Pembangunan Daerah Tertunda – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Program Pembangunan Daerah Tertunda

-Penyaluran DAU Ditunda

-Bupati : Gaji PNS Konsel Aman

KOLAKA POS, ANDOOLO – Kebijakan Menteri Keuangan Sri Mulyani menunda penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) di 169 daerah dimulai sejak September hingga Desember 2016, dianggap berimbas terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pembangunan di Daerah. Salah yang mengeluhkan hal tersebut kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengungkapkan, kebijakan tersebut dapat mengganggu program yang telah dicanangkan Pemkab. Ia menyebutkan pembangunan berupa infrastruktur di Konsel akan terhambat. “Program tersebut yakni terkait jangka panjang seperti infrastruktur, sehingga inilah yang sedang kami upayakan kembali, agar program yang tertunda bisa dipindahkan di 2017,” jelasnya.

Dirinya menyebutkan, DAU yang seharusnya diterima Pemda Konsel kurang lebih sekitar Rp650 miliar, dengan rincian Rp400 miliar untuk gaji PNS dan Rp250 miliar untuk pembangunan infrastruktur. Kebijakan menteri keuangan juga mengakibatkan pemotongan DAU sebesar enam persen. “Dengan adanya pemotongan tersebut, kami tinggal menyesuaikan saja, dimana hal-hal yang tidak penting kami kurangi, diantaranya seperti perjalanan dinas dan pengadaan mobi dinas,” terangnya.

Kemudian juga lanjut dia, di APBD-P perubahan nanti asumsinya akan berubah, dimana seluruh program desa tetap berjalan namun tidak terlalu maksimal. Sedangkan untuk 30 Desa percontohan hanya akan fokus pada pembangunan infrastruktur dasar, yang tadinya termasuk di dalamnya masalah infrastruktur ekonomi. “Infrastruktur ekonominya kita tunda dulu, dan fokus infrastruktur dasar, pasalnya infrastruktur dasar adalah kebutuhan masyarakat yang sangat penting, sehingga kita memilih untuk mengutamakannya,” tutupnya. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top