Dandim 1417 Kendari Punya Tugas yang Besar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Dandim 1417 Kendari Punya Tugas yang Besar

Foto bersama setelah melaksanakan Sertijab. Dari kiri Agus Waluyo, Immanuel Ginting dan Eko Hermawan.FOTO : Kadamu/Kolaka Pos

Dandrem 143 Haluoleo

KOLAKA POS, KENDARI – Dandrem 143 Haluoleo Immanuel Ginting melakukan rotasi kepada Dandim 1417 Kendari, yang sebelumnya dijabat Letnan Kolonel (Letkol) Kavaleri Agus Waluyo, berganti dengan Letkol Kavaleri Eko Hermawan Yuniarso. Serah terima jabatan (Sertijab) tersebut, digelar di Markas Kodim 1417 Kendari, Rabu (31/8) pagi.
“Hari ini (kemarin, red) kita mengikuti Sertijab Dandim 1417 Kendari dari Letkol Kavaleri Agus Waluyo, kepada Letkol Kavaleri Eko Hermawan Yuniarso. Sebagaimana yang telah dilaksanakan pada waktu sebelumnya, Sertijab ini merupakan salah satu bagian dari upaya regenerasi kepemimpinan, serta penyegaran dalam tubuh TNI AD yang dilandaskan pada kepentingan pembinaan personel dan pembinaan persatuan,” tuturnya.
Tak luput, ia mengucapkan terima kasih kepada Agus Waluyo, selama masa kepemimpinannya. “Selamat bertugas di tempat yang baru sebagai Kasrem Korem 143 Haluoleo, semoga saudara (Agus Waluyo, red) dapat membantu tugas-tugas Komandan Korem dengan baik,” ungkapnya.
Selain itu, ia juga tak meragukan kemampuan Dandim baru. “Saya percaya dengan berbekal kemampuan dan pengalaman jabatan sebelumnya, serta penghayatan terhadap sesama maka saudara (Eko Hermawan Yuniarso, red) akan mampu melaksanakan amanah ini atau jabatan ini dengan sebaik-baiknya,” katanya.
Immanual Ginting menuturkan, perlu dipahami bahwa jabatan Dandim merupakan jabatan strategis, dijajaran TNI AD dalam lingkup Korem 143 Haluoleo. Karena kesatuan Kodim memiliki tugas pokok, penyelenggaraan pembinaan kemampuan kekuatan dan gelar kekuatan. “Menyelenggarakan pembinaan teritorial untuk menyiapkan wilayah pertahanan di darat dan menjaga keamanan wilayah, dalam rangka mendukung tugas pokok Korem,” tuturnya.
Kodim dalam menjalankan tugas, fungsi utamanya selain melaksanakan tugas pertempuran juga melaksanakan pembinaan tueritorial di wilayah. “Dalam melaksanakn tugas pertempuran, Kodim menyusun dan menyiapkan ruang untuk digunakan penyelenggaraan  pertempuran. Dalam rangka operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang,” ungkap pria yang berpangkat tiga bunga melati dipundaknya.
Kodim juga memiliki cakupan wilayah yang cukup luas, yaitu empat kabupaten dan satu kota, yakni Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara dan Kendari, tentunya memiliki karakter yang khas, secara sosial budaya daerah ini menyimpan potensi kerawanan yang cukup besar, bila tidak dikelola dengan baik dan benar maka akan berpeluang menimbulkan ancaman bidang pertahanan dan keamanan. Maka disini perlu diantisipasi dan disiapkan, agar tidak terjadi kerawanan atau konflik. “Saya yakin dengan berbekal pengalaman yang cukup lama disatuan kostrad, disatuan tetorial dirindam wirabuana, saudara (Eko Hermawan Yuniarso, red) akan cepat beradaptasi dan bisa menguasai wilayah, sehingga mampu menyiapkan langkah-langkah dan antisipasi dengan cepat. Lanjutkan dari kebijakan-kebijakan positif Dandim yang lama, serta kembangkan kreatifitas dan inovatif baru, agar kiprah Kodim 1417 Kendari dalam membantu pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah, benar-benar memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat,” tutupnya. (p2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top