Bupati Konawe Tak Izinkan PNS Ikut Pilkades – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Bupati Konawe Tak Izinkan PNS Ikut Pilkades

Net/Ilustrasi Pilkades

KOLAKA POS, UNAAHA – Pemilihan kepala desa (Pilkades) di kabupaten Konawe siap dilaksanakan September mendatang. Untuk itu, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menghimbau kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk tidak ikut mencalonkan menjadi Calon Kepala Desa .

Kery Saiful Konggoasa mengungkapkan, jika ada PNS yang ingin mencalonkan menjadi Kades sebaiknya membatalkan saja niatnya. Sebab, ia tidak akan memberikan izin, terlebih bagi PNS yang berstatus guru.

“PNS yang ikut pemilihan Kades saya tidak izinkan. Walaupun diaturan itu dibenarkan, tapi menurut saya itu mengambil lagi porsinya yang lain, lalu kinerja PNS nya tidak dia jalankan lagi,” katanya.

Dia menambahkan, sebaiknya calon kepala desa diberikan saja kepada warga yang mampu mengemban tugas menjadi Kades, sementara untuk PNS tidak usah ikut mengikuti apa lagi kalau seorang tenaga pengajar, karena tenaga pengajar di konawe masih kurang. Tambahnya lagi meski di peraturan perundang-undangan tidak melarang PNS menjadi calon, tetap saja dia tidak mengizinkan meski harus menentang peraturan itu.

“Bagaimana bisa guru mau jadi kepala desa di Konawe, sementara kita saja kekurangan guru. Meski di peraturan perundang-undangan bisa tapi tetap saya tidak akan isinkan. Yang membut Kery tidak mau memberikan isin atasan lanjutnya kerena, mereka itu kan tidak cuti tidak juga mengundurkan diri jadi gaji mereka tetap jalan,” tandasnya. (m4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top