Bantu Petani, Distan Sediakan 10 Pompa Air – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Bantu Petani, Distan Sediakan 10 Pompa Air

Petani saat mengaliri sawahnya.FOTO : Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, KOLAKA – Memasuki musim kemarau, Dinas Pertanian, Hortikultura dan Peternakan Kolaka menyiapkan 10 unit pompa air untuk petani. Hal ini mencegah terjadinya kekeringan diareal persawahan.

Kepala Dinas Pertanian, Hortikultura, dan Peternakan Kolaka, Muhammad Azikin,  menjelaskan puncak musim tanam dilakukan pada Agustus dan September. Dimana pada saat penanaman, padi membutuhkan banyak air. Tetapi di bulan tersebut musim kemarau juga sudah berlangsung. Untuk itu, di tahun ini pihaknya menyediakan 10 unit pompa air di daerah yang rawan kekeringan. “10 unit pompa itu merupakan bantuan dari pusat dan disebar di daerah bagian selatan yaitu di Kecamatan Tangketada, Watubangga, Polinggona, dan Toari. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun kemarin, daerah tersebut sering terjadi kekeringan,” katanya.

Azikin menuturkan, jika Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang bertugas di daerah tersebut melaporkan adanya ancaman kekeringan, maka pompa tersebut dapat digunakan untuk menyedot air untuk kemudian dialirkan ke sawah. “Selain mendapatkan bantuan pompa, para petani juga dibuatkan penampungan air,” tuturnya

Azikin berharap, dengan adanya embun dan pompa air, dapat berpengaruh pada produksi padi dan kesejahteraan petani. Sehingga, program Pemda Kolaka yaitu perbaikan struktur ekonomi dapat terealisasi. “Segala kebutuhan petani kami sudah sediakan. Olehnya itu, kami meminta kepada petani agar melakukan perawatan terhadap padinya dengan baik sehingga kesejahteraannya meningkat dan stok beras di Kolaka dapat terpenuhi,” harapnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top