Sawah Petani Diminta Tidak Menganggur – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Sawah Petani Diminta Tidak Menganggur

KOLAKA POS, KOLAKA – Mencapai target tanam priode April hingga September, Komandan Kodim 1412 Kolaka menghimbau kepada petani  untuk memanfaatkan lahannya pada musim tanam di bulan September mendatang, agar tidak ada lahan sawah yang menganggur.

Komandan Kodim 1412 Kolaka Letkol Czi Cosmas MD menjelaskan, musim tanam priode April hingga September di kabupaten Kolaka memiliki target 12215 hektar, sementara hingga saat ini yang terealisasi sekitar 5986 hektar. Kabupaten Kolaka Timur yang memiliki target tanam 12496 hektar baru selesai sekitar 7516 hektar. Berbeda di kabupaten Kolaka Utara, dari target tanam 1500 hektar telah menanam 1115 hektar dan diprediksi bakal melampaui target.

“Semoga perbaikan irigasi atau bendungan yang sementara berjalan, tidak mengganggu musim tanam yang tersisa satu bulan lagi. Kemudian diharapkan kepada semua petani untuk menggarap semua sawahnya, sehingga jangan ada yang ngangur. Jangan tunggu sawahnya dialiri air baru mau menggarap, silahkan laporan ke Kodim  kita garap kering saja dulu pakai alat sawahnya, setelah airnya ada kita sisa garap ulang sedikit lagi kemudian di tanam, jadi waktunya lebih cepat dan singkat pengolahannya,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Di penghujung musim tanam September mendatang kata dia, pihaknya bersama petani di tiga kabupaten bakal bekerja keras, untuk mencapai target tanam priode Asep. ”Saya sudah perintah kepada semua Babinsa  untuk fokus penanaman bulan September, kalau Babinsa ada kegiatan lainnya maka harus laporan ke saya (Dandim). Saya perintahkan seluruhnya wajib menanam, kalau alatnya kurang,  masih banyak alat brigade tanam di Kodim, kita turunkan alatnya. Kalau untuk saat ini di kecamatan Samauturu sembilan unit alat kita turunkan, di Balandete satu unit kita turunkan alat, setiap Koramil kita siapkan alat menggarap sawah,” ujarnya.

Dia berharap, dalam waktu dekat hujan bisa bersahabat mengawal musim tanam petani, serta dinas Pertanian dapat menyalurkan bibitnya tepat waktu. ”Saya berharap kepada petani untuk memaksimalkan penggunaan alsintan di koramil-koramil, serta Brigade tanam yang ada di kodim .  Saat ini kita memiliko 89 unit alat traktor dan Brigade tanam, alat itu harus dimaksimalkan kalau perlu diterjunkan ke sawah semua alatnya,” tandasnya. (cr1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top