Merica Towuti Disebut Berkualitas – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Merica Towuti Disebut Berkualitas

KOLAKA POS, Malili – Kunjungan anggota DPRD dan Asosiasi Petani Lada Indonesia (APLI) Luwu Timur ke Bangka Belitung belajar tanam merica akan sia-sia. Petani merica di Luwu Timur lebih pintar menanam di banding petani di Bangka Belitung. Bahkan merica di daerah tambang nikel ini lebih betkualitas dibanding murica Bangka Belitung.

Ketua Komisi I DPRD Lutim Herdinang menilai merica Towuti Lutim lebih baik di banding di Bangka Belitung. ”Keunggulan pada murica Towuti Lutim terletak pada segi produksi dan kualitas yang terjamin. Sementara murica dari Bangka Belitung masih di bawah,”kata Herdinang.

Namun, murica dari Bangka Belitung unggul pada sisi perlakuan dan interpensi pemerintah daerah khususnya anggaran.

Kelemahan pada petani murica Towuti karena masih menggunakan bibit buatan sendiri. Petani tidak menerima bantuan pupuk, petani tidak ada perlindungan terhadap harga, tidak mendapatkan pendapingan tenga profesional yang paham tentang lada dan tidak memiliki penangkaran bibit unggul. Sementara petani lada Bangka Belitung berbanding terbalik dari kondisi di tersebut.

“Kalau pertanian lada di Lutim mau unggul para petani harus merubah pola seperti itu. Sekaligus pemerintah turut andil. Ketika hal tersebut terpenuhi saya yakin dan percaya hasil pertanian lada kita jauh lebih unggul di bandingkan lada bangka belitung,” ketus Herdinang. (palopo pos)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top