Menunggak, Peserta JKN Konut Terancam Dinonaktifkan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Menunggak, Peserta JKN Konut Terancam Dinonaktifkan

Sulkifli, S.Kep

Sulkifli, S.Kep

KOLAKA POS, WANGGUDU – Sebaiknya bagi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Konawe Utara (Konut) segera yang menunggak, agar segera melunasi iurannya. Pasalnya, bila tidak segera menyelesaikan tunggakannya kepesertaan Jaminan Kesehatan dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) akan dinonaktifkan.

Kepala Kantor Pelayanan Operasional BPJS Kesehatan Konut Sulkifli mengatakan, jumlah tunggakan BPJS-Kes saat ini sudah mencapai ratusan juta rupiah. Untuk itu ia meminta agar para peserta segera melunasi tunggakan iuran. Sebab, bila tidak melunasi tunggakan tersebut akan mengalami dampak yang cukup banyak diantaranya, peserta JKN-KIS dalam pelayanan kesehatan, serta kepesertaannya akan dinonaktifkan.

Ia menjelaskan, penonaktifkan kepesertaan warga dalam program JKN-KIS sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia. “Dengan adanya tunggakan iuran tersebut, selain membawa dampak dalam pelayanan, kartu peserta JKN-KIS juga akan dinonaktifkan. Hal itu merujuk pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor : 19/2016 tentang Jaminan Kesehatan Nasional,” ujar Sulkifli.

Untuk itu, ia mengharapkan para warga bisa melunasi iuran yang menunggak. “Saya berharap peran serta warga dalam melunasi iuran yang menungggak, dengan datang langsung ke kantor kami di Wanggudu untuk menghindari penonaktifan kartu dan dikenakannya denda pelayanan kesehatan rawat inap,” terangnya.

Ia menambahkan, melalui program ini marilah saling membantu. “Melalui JKN-KIS mari kita menolong sesama kita dengan prinsip Dengan Gotong Royong Semua Tertolong,” tandasnya. (k7)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top