DPRD Setuju Merger AKPER ke USN – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

DPRD Setuju Merger AKPER ke USN

KOLAKA POS, KOLAKA – Proses rencana merger Akademi Keperawatan (AKPER) Pemda Kolaka untuk bergabung ke Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka bakal berlangsung mulus. Pasalnya kemarin, DPRD Kolaka sudah menyetujui rencananya merger tersebut dalam rapat paripurna yang digelar kemarin.

Ketua Komisi III Muh. Ajib Madjib dalam pandangan komisinya dalam rapat paripurna tersebut menyebut adanya regulasi terkait kewenangan Pemda Kabupaten dalam bidang pendidikan yang hanya terbatas pada pendidikan dasar dan menegah pertama menjadi dasar untuk menggabungkan Akper Pemda Kolaka Tersebut.

Dalam pandangan komisinya itu, Legislator PAN itu juga mengatakan, bahwa sebelumnya ada tiga opsi ditawarkan terkait merger AKPER tersebut. “Sebelumnya dalam RDP kami ada tiga opsi, pertama bergabung dengan USN, kedua bergabung dengan Universitas Terbuka, dan terakhir bergabung dengan Poltekkes Kementerian Kesehatan,” paprnya.

Dalam dalam RDP mayoritas kencendrungan merger dengan USN dikarenakan selain kesiapan yang sudah di paparkan oleh Rektor USN, juga karena strategis yang dekat dengan AKPER.

“Meski di USN belum ada program studi keperawatan, namun USN sudah menyatakan kesiapannya, dan itu bukan jadi masalah karena mereka siap membuka prodi baru yang bisa menaunginya,” ujarnya.

Rencana penggabungan tersebut kata Sekretaris DPD II PAN Kolaka itu masih tahap awal dan Pemda masih memiliki tanggung jawab selama dua tahun terhadap keberadaan Akper hingga proses mergernya nanti. “Ini masih tahap awal, rencana bergabungnya AKPER itu jangan sampai mempengaruhi kegiatan perkuliahan di AKPER Pemda,karena diaturan itu juga masih ada kewenangan Pemda hingga dua tahun sampai mergernya nanti,” papar Ajib.

Usai memaparkan hal tersebut, masyoritas anggota DPRD setuju dengan penggabungan tersebut, dan akhirnya rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sudirman memeberikan persetujuan mergernya Akper ke USn tersebut. “Masalah merger Akper ke USn saya kira tidak perlu lagi diperdebatkan, ini panting, dan kita menyetujuinya semua,” papar Syaifullah Khalik, anggota DPRD dalam rapat tersebut.(cr4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top