Warga Diminta Konsumsi Obat Filariasis – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Warga Diminta Konsumsi Obat Filariasis

download

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, KOLAKA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka tidak henti-hentinya berupaya mencegah penyebaran kaki gajah atau biasa dikenal dengan Filariasis. Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi penyakit filariasis tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengajak seluruh warga Kolaka untuk mengkosumsi obat filariasis.

Kepala Bidang Pengendalian masalah kesehatan Dinkes Kolaka Madu mengatakan, tujuan mengkonsumsi obat tersebut agar tidak terkena penyakit filariasis atau kaki gajah. Sebab, penyakit ini dapat mengakibatkan cacat tetap bagi penderitanya. “Saya berharap, warga Kolaka meminumnya, sehingga terbebas dari penyakit filariasis. Obat filariasis diberikan sebagai pencegahan dan pengobatan penyakit kaki gajah. Orang sehat juga harus minum obat itu untuk mencegah penyakit kaki gajah bersarang di tubuhnya. Obat itu diminum sekali dalam setahun dan intensif selama lima tahun,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Menurut dia, warga Kolaka wajib untuk minum obat pencegahan penyakit kaki gajah. Karena jika tidak minum kemungkinan bisa tertular penyakit tersebut. Penyakit itu menular melalui nyamuk. Jika sependerita digigit pada bagian kaki yang terkena maka bisa langsung menular ke yang lainya, ” ujarnya.

Obat filariasis, menurut Madu, dibagikan kepada warga berfungsi untuk membunuh segala jenis cacing dari dalam tubuh. Obat tersebut yakni Dietil Carbamazepine (DEC), Albendazol dan Paracetamol yang bisa diperoleh secara gratis di semua Puskesmas yang ada di Kolaka.
“Masyarakat diharapkan datang ke Puskesmas terdekat agar diberi obat. Pemberian obat akan dilakukan melalui pemeriksaan lengkap. Untuk pencegahan, akan diberikan kepada yang sehat,” tandasnya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top