Waktu Pelayanan Disdukcapil Dikurangi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Waktu Pelayanan Disdukcapil Dikurangi

Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik.FOTO : Net/Ilustrasi 

KOLAKA POS, KOLAKA – Pelayanan pengurusan akte kelahiran, kartu keluarga (KK) atau pun Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kolaka kini mulai dipangkas. Sebelumnya, pelayanan pembuatan akte kelahiran, KK dan KTP dilakukan hingga pukul 15.00, namun saat ini dibuka sampai pukul 12.00.

Sekretaris Disdukcapil, I Nyoman Suastika mengatakan, pengurangan tersebut karena waktu yang tersisa hingga pulang kantor digunakan untuk melakukan verifikasi data. “Setelah melakukan pendaftaran, maka selanjutnya kami lakukan verifikasi untuk memastikan datanya benar. Sehinggga keesokan harinya tinggal dilakukan pencetakan dan besoknya lagi sudah bisa diambil dokumennya,” ujarnya.

Menurutnya, jika membuka pendaftaran pengurusan sampai pukul 15.00, pihaknya tidak mampu melakukan verifikasi karena banyaknya warga yang dilayani dan terbatasnya tenaga. Selain itu, pihaknya tidak dapat menjamin keakuratan data. “Penyebab lain terhambatnya pengurusan berkas yaitu jaringan dan sarana pendukung lainnya yang kadang terganggu. “Baru-baru ini CPU kami terbakar, jadi untuk pengurusan KK sedikit terganggu,” tambahnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top