Kades Wowoli: Selain Air Bersih BUMDes Akan Kelola Pasar Tradisional – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Kades Wowoli: Selain Air Bersih BUMDes Akan Kelola Pasar Tradisional

Kepala Desa Wowoli, Amir Mukhtar.

KOLAKA POS, KOLAKA – Sebagai lembaga ekonomi yang terbentuk di tingkat desa, keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan mampu mengelolah sumber sumber potensi yang ada di desa dalam rangka meningkatkan pendapatan asli desa. Dengan tersebut, Pemerintah Desa Wowoli Kecamatan Toari bersama pengelola BUMDes di desa tersebut saat ini telah melakukan kegiatan usaha dalam rangka mencapai tujuan tersebut.
“Salah satu usaha yang saat ini dikelola oleh BUMDes Desa Wowoli adalah pengelolaan air bersih ke rumah warga yang kesulitan mendapatkan air bersih. Dari usaha tersebut, nantinya pengelola dapat menghasilkan sumber pendapatan desa yang bersumber dari hasil retribusi air bersih yang dikelolahnya,” kata Kepala Desa Wowoli, Amir Mukhtar.
Kepala Desa Wowoli yang baru menjabat di tahun pertamanya ini menerangkan bahwa beberapa tahun lalu, Desanya itu pernah menerima bantuan pembuatan sarana air bersih berupa pembangunan sumur bor dari Pemerintah Daerah. Namun hingga saat ini sumur tersebut belum dipelihara dengan baik katena hanya dinikmati oleh segelintir warga saja, sementara sangat banyak masyarakat Wowoli yang masih kesulitan mendapatkan air bersih sehari hari.
“Dengan adanya anggaran yang diaokasikan oleh pemerinta untuk Bumdes, kita berinisiatif untuk menambah dan memperbaiki jaringan sumur tersebut sehingga air bisa dialirkan ke rumah warga agar dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas. Nantinya warga akan dikenakan biaya retribusi yang terjangkau untuk pemeliharaan dan pendapatan asli desa, sehingga selain aset tersebut bisa terpelihara, juga mampu menghasilkan pendapatan bagi desa ini,”kata Amir Mukhtar.
Selain pengelolaan air bersih, Kepala Desa Wowoli ini juga berharap agar kedepan Bumdes Desa Wowoli dapat mengelola retribusi pasar tradisional yang ada di desa itu saat ini.
“Di desa ini kita memiliki pasar tradisional yang pengelolaannya belum berjalan dengan baik. Dengan alasan itu kedepan pengelolaan pasar ini akan dilakukan oleh Pengurus Bumdes agar bisa berjalan dengan baik. Apalagi tujuan berdirinya Bumdes di Desa adalah sebagai lembaga ekonomi yang bisa meningkatkan Perekonomian Desa, Pendapatan asli Desa, Pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Desa. Jadi dengan adanya Bumdes di desa saat ini, kami bersama pengurus berupa mencari peluang usaha yang bisa dikelolah oleh Bumdes agar dapat meningkatkan PAD di desa ini,”terang Amir Mukhtar. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top