Hutan Lindung Malili Terbakar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Hutan Lindung Malili Terbakar

Net/Ilustrasi

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, Malili – Hutan lindung yang berada di dekat kawasan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Desa Ussu, Kecamatan Malili, terbakar, Jumat sore 26 Agustus.
Luas areal hutan lindung yang terbakar ini mencapai setengah hektare.

Kebakaran hutan lindung ini diduga dilalukan warga. Lokasi ini sangat potensi ditanami lada atau merica.
Sekretaris BPBD Luwu Timur, Asyhar mengatakan, kebakaran hutan lindung terjadi pada pukul 16.00 wita. ”Saat ada laporan warga, anggota pemadam kebakaran dari BPBD langsung kita turunkan ke lokasi,”kata Asyhar.

Mobil pemadam yang diturunkan sebanyak dua unit. Personil yang ikut memadamkan api sebanyak delapan orang. Hanya belum ada laporan berapa titik api yang berhasil dipadamkan.

Menurutnya, pembakaran hutan lindung diperkirakan akan mulai marak. Sebab, daerah Luwu Timur mulai kemarau. BPBD menyiapkan anggota memantau kebakaran. Potensi kebakaran hutan lindung di Luwu Timur cukup besar.

Kadis Kehutanan dan Perkebunan, Luwu Timur, Andi Makkaraka mengatakan belum memantau situasi kebakaran.”Saya baru pulang dari Tomoni melayat mantan anggota dewan yang meninggal,”ujarnya.
Kapolres Luwu Timur, AKBP Parojahan Simanjuntak, menegaskan akan menindak tegas warga yang membakar hutan lindung. ” Siapapun yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan lindung di Ussu akan ditindak tegas,”kata Parojahan.

Parojahan telah turun langsung membantu memadamkan kebakaran di lokasi hutan lindung.
Dari lokasi kejadian, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa kaleng minyak chain shaw dan beberapa panggal tiang merica atau yang biasa dinamakan warga dengan sebutan pallorongan. Polisi juga telah mengantongi oknum warga yang diduga membakar hutan lindung di Desa Ussu tersebut.(fajar.co.id)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top