Atasi Kelangkaan Air, Empat Unit Sumur Bor Dibangun di Rano Jaya – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Atasi Kelangkaan Air, Empat Unit Sumur Bor Dibangun di Rano Jaya

Salah satu tower air bersih yang dibangun di Desa Rano Jaya. Foto : Hasrul/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Minimnya sumber air bersih bagi warga di Desa Rano Jaya Kecamatan Toari, membuat Pemerintah di desa itu harus membangun fasilitas air bersih. untuk diketahui, Desa yang dulu bernama Desa Ranomentaa ini dikenal sebagai daerah yang memiliki sumber air yang cukup sedikit. untuk membangun fasilitas sumur saja, dibutuhkan anggaran yang cukup besar sebab mata air yang diharapkan memiliki kedalaman antara tuju puluh hingga seratus meter.
seperti yang dilakukan saat ini, melalui dana des tahap pertama tahun 2016, pemerintah di desa itu membangun empat unit sumur bor yang disebar di empat dusun. Keempat unit sumur itu ditempatkan disekitar permukiman warga yang selama ini sangat kesulitan dalam memperoleh sumber air bersih.
Penjabat Kepala Desa Rano Jaya, Muh. Amir mengatakan bahwa di desanya itu memang tergolong sebagai daerah yang sangat kesulitan air. Pasalnya di wilayah tersebut kondisi geografis daerahnya memang sedikit berada di daerah ketinggian yang mengakibatkan sulitnya menemukan mata air yang dangkal. Jadi dengan bantuan anggaran dari pemerintah desa melalui anggaran dana desa, pemerintah desa dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan air bersih dengan cara membangun sumur bor.
“Memang di desa ini sumber air susah dijumpai, karena kondisi wilayahnya agak tinggi. Jadi kalau masyarakat menggali sumur memang harus dalam. namun dibutuhkan anggaran yang cukup besar karena mata airnya lebih dalam dari daerah lain. Makanya dengan anggaran dana desa tahun ini, kami mengerjakan pembuatan sumur bor beserta tower air. dengan selesainya pembangunan sarana air bersih tersebut, warga yang ada di empat dusun itu sedikitnya dapat terbantu dalam mendapatkan air bersih seperti selama ini,” kata Muh. Amir (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top