Puskesmas Asinua Jaya Lakukan Pelayanan Keliling – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Puskesmas Asinua Jaya Lakukan Pelayanan Keliling

Net/Ilustrasi

Jauh dari Pemukiman

KOLAKA POS, UNAAHA – Keberadaan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di kecamatan Asinua Jaya, tentu sangat diharapkan dapat membantu dan memberikan pelayanan kesehatan kepada warga di wilayah tersebut.
Akan tetapi, letak Puskesmas Asinua Jaya malah bertolak belakang dengan harapan Pemkab Konawe. Pasalnya, lokasi Puskesmas tersebut jauh dari pemukiman masyarakat, sehingga masyarakat yang berada di wilayah kecamatan Asinua Jaya seolah enggan melakukan pengobatan di tempat itu.
Menanggapi permasalahan yang terjadi di Puskesmas Asinua Jaya, Kepala Dinas Kesehatan Konawe Muh. Haris mengatakan, keberadaan Puskesmas di Asinua Jaya memang sangat bertolak belakang dengan apa yang diharapkan Pemkab Konawe.
“Kita harapkan dengan adanya Puskesmas di Asinua Jaya itu, bisa memudahkan masyarakat disana untuk berobat,” katanya.
Untuk memfungsikan tenaga medis yang bertugas di Puskesmas Asinua Jaya, maka beberapa waktu lalu Pemda Konawe membangun Puskesmas pembantu di desa Awua Jaya, nantinya petugas medis termasuk kepala Puskesmas akan berkantor di desa Awua Jaya.
Menurutnya, dibangunya Puskesmas pembantu di desa Awua Jaya, karena di tempat tersebut meupakan desa dengan jumlah masyarakat terbanyak.
“Tetap difungsikan Puskesmas Asinua Jaya. Untuk mempermudah masyarakat di sana, karena Puskesmas jauh dan transportasi susah, sewa ojek mahal untuk sekarang mereka melakukan pelayanan secara mobile, atau Puskesmas keliling ke desa-desa, tapi di Puskesmas Asinua Jaya tetap ada yang piket,” terangnya. (m4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top