Pembangunan Dermaga Raha-Pure Telan Anggaran Rp76 Miliar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Pembangunan Dermaga Raha-Pure Telan Anggaran Rp76 Miliar

 Hilir mudik alat berat terus berlangsung pada pembangunan Dermaga Raha-Pure di desa Lagasa, kecamatan Duruka, kabupaten Muna.FOTO : Ahmad/Kolaka Pos

Hilir mudik alat berat terus berlangsung pada pembangunan Dermaga Raha-Pure di desa Lagasa, kecamatan Duruka, kabupaten Muna.FOTO : Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKA POS, RAHA – Pemerintah mengucurkan anggaran pembangunan Dermaga penyeberangan Feri rute Raha-Pure, hingga mencapai Rp76 miliar. Akan tetapi, kucuran dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu, berlangsung dua tahap.
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Muna, Hayadi menuturkan, untuk pengerjaan dermaga Feri rute Raha-Pure dilakukan dalam dua tahap, dimana tahap pertama tahun ini pememerintah pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp8 milliar. Sementara anggaran tahap dua sebesar Rp68 milliar, yang akan dikucurkan pada 2017 mendatang. Untuk proses perampungan pembangunan dermaga tersebut, akan mulai dilelang Desember tahun ini.
“Oktober 2017 diperkirakan rampung semuanya. Tahap I proses penimbunan dengan anggaran Rp8 miliar,” tutur Hayadi saat ditemui di kantor DPRD Muna, beberapa waktu lalu.
Terkait berapa jangka waktu proses pengerjaan tahap I, Hayadi belum mengetahui persis. Sebab, dirinya belum berkoordinasi dengan Satker pembangunan dermaga Feri itu. Namun, ia memastikan pengerjaan dermaga itu tidak akan memakan waktu lama.
Kadishub Muna itu, tidak mengetahui persis berapa total panjang dermaga dalam pengerjaan tahap I. Namun, pengerjaan dermaga akan dilaksanakan sesuai dengan petunjuk.
“Soal berapa meter nanti saya cek data dulu,” cetusnya.
Ia juga menerangkan, dermaga Feri yang menelan anggaran miliaran rupiah itu akan dikelola oleh pemerintah daerah. Sebab, rute penyeberangannya hanya antar kecamatan. “Beda dengan pelabuhan Feri Tampo-Torobulu itu dikelola oleh provinsi,” tandasnya. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top